Analisis keterpaduan muatan buku siswa tematik terpadu kelas II pada tema bermain di lingkunganku edisi revisi 2017 / Yeni Purwaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterpaduan muatan buku siswa tematik terpadu kelas II pada tema bermain di lingkunganku edisi revisi 2017 / Yeni Purwaningtyas

Purwaningtyas, Yeni (2018) Analisis keterpaduan muatan buku siswa tematik terpadu kelas II pada tema bermain di lingkunganku edisi revisi 2017 / Yeni Purwaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Purwaningtyas Yeni. 2018. Analisis Keterpaduan Muatan Buku Siswa Tematik Terpadu Kelas II pada Tema Bermain di Lingkunganku Edisi Revisi 2017. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd M.Pd (II) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd. Kata Kunci keterpaduan buku siswa tema bermain di lingkunganku. Buku Siswa Kurikulum 2013 disusun dengan memperhatikan perkem-bangan peserta didik dan konsep holistik melalui model tematik terpadu. Model tematik terpadu memadukan berbagai muatan dalam satu pembelajaran menggu-nakan tema pembelajaran. Model keterpaduan yang sesuai untuk diterapkan di Sekolah Dasar adalah model keterpaduan connected webbed dan integrated milik Fogarty. Penelitian ditujukan untuk mengetahui tingkat keterkaitan antar-indikator pada setiap muatan berdasarkan model terhubung (connected) tingkat kesesuaian indikator antar-muatan dengan judul subtema berdasarkan model jaring laba-laba (webbed) tingkat keterpaduan antar-muatan berdasarkan model keterpaduan (integrated) dan tingkat keterpaduan secara umum. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan dokumentasi. Sumber data adalah Buku Siswa dan Buku Guru Tematik Terpadu Edisi Revisi 2017. Buku tersebut memiliki kekurangan salah satunya ditemukan pembelajaran yang kurang terpadu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui tingkat keterkaitan antar-indikator dalam satu muatan berdasarkan Model Terhubung (Connected) sebesar 98 75% tergolong kategori sangat baik. Tingkat kesesuaian indikator antar-muatan dengan judul subtema berdasarkan model jaring laba-laba (Webbed) sebesar 98 75% tergolong kategori sangat baik. Tingkat keterpaduan antar-muatan berdasarkan model keterpaduan (Integrated) sebesar 68 75% tergolong kategori cukup baik. Tingkat keterpaduan muatan secara umum pada Buku Siswa Tematik Terpadu Kelas II Tema Bermain di Lingkunganku sebesar 88 75% tergolong baik. Kesimpulan hasil penelitian meliputi (1) tingkat keterkaitan antar-indikator sangat baik (2) tingkat kesesuaian indikator dengan subtema sangat baik (3) tingkat keterpaduan muatan cukup baik dan (4) tingkat keterpaduan secara umum dinilai baik. Berdasarkan hasil penelitian ini guru hendaknya mengembangkan indikator dan merancang pembelajaran secara mandiri untuk menciptakan pembelajaran integratif. Pengembang buku hendaknya memperhati-kan keterkaitan dan kesesuaian indikator pada penyusunan buku berikutnya mengkaji lebih dalam tentang keterpaduan muatan dan melakukan revisi untuk Buku Tematik Terpadu Kelas II Tema Bermain di Lingkunganku. Peneliti lain hendaknya melakukan penelitian tentang tingkat keterkaitan antar-indikator kesesuaian indikator dengan subtema dan tingkat keterpaduan muatan pada buku lain serta mengembangkan buku tematik terpadu yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item