Peningkatan hasil belajar materi perkalianmelalui model Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas II SDN Bendosari 01 Kabupaten Blitar / Sindra Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar materi perkalianmelalui model Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas II SDN Bendosari 01 Kabupaten Blitar / Sindra Rahmawati

Rahmawati, Sindra (2018) Peningkatan hasil belajar materi perkalianmelalui model Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas II SDN Bendosari 01 Kabupaten Blitar / Sindra Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmawati Sindra. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) pada Siswa Kelas II SDN Bendosari 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rochani S.Pd M.Pd. (II) Yuniawatika S.Pd M.Pd. Kata Kunci hasil belajar perkalian model realistic mathematic education. Matematika merupakan ilmu yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia guna mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN Bendosari 01 Kabupaten Blitar diketahui bahwa sebanyak 15 siswa (58%) mendapat nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). KKM matematika yang ditetapkan sekolah adalah 65. Hal ini disebabkan siswa belum dapat memahami konsep perkalian menghitung hasil perkalian dengan baik dan menyelesaikan soal cerita dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan model RME pada proses pembelajaran materi perkalian (2) menjelaskan peningkatan hasil belajar perkalian di kelas II SD melalui model RME. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa kelas II yang berjumlah 26 siswa. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model RME dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I persentase aktivitas guru 85% (baik) menjadi 97% (sangat baik) pada siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 92% (sangat baik). Penerapan model RME juga meningkatkan hasil belajar siswa. Pada ranah afektif siswa telah memiliki sikap disiplin dan percaya diri. Pada siklus 1 modus sikap disiplin dan percaya diri masing-masing mendapat skor 3 (baik) sementara pada siklus II sudah mencapai skor 4 (sangat baik). Pada ranah kognitif rata-rata nilai siswa dan ketuntasan klasikal pada siklus 1 adalah 70 (cukup) dan 65% (kurang) menjadi 85 (baik) dan 95% (sangat baik) di siklus II. Sementara persentase keterampilan siswa menyelesaikan masalah kontekstual secara mandiri meningkat dari 15% (sangat kurang) pada siklus I menjadi 84% (baik) di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME dapat diterapkan dengan sangat baik oleh guru dan siswa pada materi perkalian sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif kognitif dan psikomotor. Oleh karena itu disarankan guru untuk menerapkan model RME pada materi lain sebagai upaya peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6857

Actions (login required)

View Item View Item