Analisis kemampuan koneksi matematis materi pecahan pada siswa kelas V MI Sunan Giri Boro Kabupaten Tulungagung / Asnadi Kuncoro

Kuncoro, Asnadi (2018) Analisis kemampuan koneksi matematis materi pecahan pada siswa kelas V MI Sunan Giri Boro Kabupaten Tulungagung / Asnadi Kuncoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Kuncoro, Asnadi. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Materi Pecahan pada Siswa Kelas V MI Sunan Giri Boro Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yuniawatika, S.Pd., M.Pd., (II) Dra. Tri Murti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: kemampuan, koneksi matematis, pecahan, siswa Kemampuan koneksi matematis yang baik sangat diperlukan siswa agar pembelajaran matematika dapat menjadi lebih bermakna. Berdasarkan hasil dokumentasi nilai matematika siswa kelas V MI Sunan Giri Boro, rata-rata nilai siswa dalam materi pecahan tergolong rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran materi pecahan kurang bermakna bagi siswa. Berdasarkan hal ini, diperlukan penelitian terkait kemampuan koneksi matematis materi pecahan pada siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis materi pecahan yang dimiliki oleh siswa kelompok atas, tengah, bawah, dan siswa secara umum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 27 siswa kelas V MI Sunan Giri Boro yang terbagi dalam 3 kelompok (atas, tengah, dan bawah) berdasarkan kemampuan matematis siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, tes tertulis, dan wawancara dengan instrumen berupa lembar tes kemampuan koneksi matematis, pedoman penskoran, pedoman wawancara, alat dokumentasi, dan human instrumen (peneliti). Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis materi pecahan yang dimiliki oleh siswa kelompok atas, tengah, dan bawah tergolong sangat rendah, namun dengan persentase kemampuan yang berbeda. Siswa kelompok atas memiliki kemampuan sebesar 47,40%, siswa kelompok tengah 21,19%, dan siswa kelompok bawah 9,38%. Sedangkan kemampuan koneksi matematis materi pecahan yang dimiliki siswa siswa secara umum 24,83% yang juga berada dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap kelompok siswa dan siswa secara umum belum mampu memahami dan menggunakan hubungan antara matematika dengan berbagai hal. Sangat rendahnya kemampuan ini dikarenakan siswa kurang teliti, lemahnya pemahaman konsep pecahan, dan rendahnya minat siswa terhadap matematika. Sehingga disarankan bagi guru untuk menumbuhkan minat siswa terhadap matematika, merancang strategi yang tepat untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dalam pecahan, dan memberikan bimbingan kepada siswanya agar lebih teliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6856

Actions (login required)

View Item View Item