Pengembangan modul IPA berbasis inkuirui pada materi Sifa-sifat Cahaya bagi siswa kelas V di SDN kandangan 02 Kabupaten Blitar / Nur Lutfiana Yulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul IPA berbasis inkuirui pada materi Sifa-sifat Cahaya bagi siswa kelas V di SDN kandangan 02 Kabupaten Blitar / Nur Lutfiana Yulfa

Yulfa, Nur Lutfiana (2018) Pengembangan modul IPA berbasis inkuirui pada materi Sifa-sifat Cahaya bagi siswa kelas V di SDN kandangan 02 Kabupaten Blitar / Nur Lutfiana Yulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yulfa Nur Lutfiana. 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Materi Sifat-sifat Cahaya bagi Siswa Kelas V di SDN Kandangan 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd (2) Esti Untari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci modul IPA berbasis inkuiri sifat-sifat cahaya kelas V SD Pembelajaran IPA di sekolah dasar diharapkan dilakukan dengan penyelidikan sederhana dan bukan hafalan terhadap kumpulan pengetahuan IPA sehingga siswa mampu berpikir kritis melalui pembelajaran IPA. Tetapi pada kenyataannya pembelajaran IPA yang dilakukan di kelas tidak seperti itu. Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi. Dalam melaksanakan pembelajaran guru hanya berfokus pada buku paket dan LKS dalam memberikan materi pada siswa. Maka dari itu dilakukan pengembangan modul IPA berbasis inkuiri materi sifat-sifat cahaya bagi siswa kelas V SD untuk membantu guru mengatasi permasalahan di atas dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa. Rancangan penelitian untuk menghasilkan produk tersebut menggunakan prosedur penelitian pengembangan Borg and Gall. Pada pengembangan modul IPA berbasis inkuiri peneliti menggunakan langkah pertama sampai kelima saja karena keterbatasan waktu penelitian. Pada tahap awal dilakukan pengumpulan data dengan tujuan untuk menganalisis kurikulum dan menetapkan kompetensi dasar yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan perencanaan pengembangan pengembangan produk awal validasi produk dan revisi serta dilakukan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut ahli materi persentase kelayakan modul IPA berbasis inkuiri mencapai 96% dengan kriteria sangat valid. Menurut ahli media persentase kelayakan modul IPA berbasis inkuiri mencapai 97% dengan kriteria sangat valid. Menurut pengguna yaitu guru dan siswa persentase kelayakan mencapai 100% dan 93.5% dengan kriteria sangat valid. Kriteria sangat valid tersebut dapat dimaknai bahwa produk yang telah dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk modul IPA berbasis inkuiri materi sifat-sifat cahaya bagi siswa kelas V SD memiliki kriteria sangat valid sehingga dapat digunakan siswa untuk belajar IPA materi sifat-sifat cahaya dengan berbasis inkuiri. Adapun saran terkait produk yang dikembangkan yaitu sebaiknya produk dapat dikembangkan pada kompetensi dasar yang lain juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6855

Actions (login required)

View Item View Item