Profil kemampuan number sense siswa kelas V dalam menyelesaoikan soal Matematika di Gugus 5 Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Laili Nurul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kemampuan number sense siswa kelas V dalam menyelesaoikan soal Matematika di Gugus 5 Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Laili Nurul Azizah

Azizah, Laili Nurul (2018) Profil kemampuan number sense siswa kelas V dalam menyelesaoikan soal Matematika di Gugus 5 Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Laili Nurul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Azizah Laili Nurul. 2018. Profil Kemampuan Number Sense Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika di Gugus 5 Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Rochani S.Pd. M.Pd. Kata Kunci matematika bilangan number sense Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang bilangan dan semua prosedur operasional yang digunakan dalam memecahkan masalah terkait bilangan. Bilangan dan operasi perhitungannya merupakan kemampuan number sense. Kemampuan yang baik tentang number sense akan mempermudah siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan number sense siswa kelas V dalam menyelesaikan soal-soal matematika terkait materi bilangan. Indikator yang digunakan untuk mengetahui kemampuan number sense ada lima yaitu number meaning number magnitude number operations number relationship dan number referents. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah nilai ulangan harian matematika siswa kelas V hasil tes kemampuan number sense dan hasil wawancara. Soal tes tertulis diujikan kepada siswa kelas V SDN 1 Bendiljati Kulon SDN 1 Sambijajar dan SDN 1 Trenceng dengan total 62 siswa. Selain tes tertulis dilakukan pula wawancara kepada perwakilan siswa pada masing-masing kelompok dan selanjutnya hasil tes dan wawancara selesai maka dilakukan analisis data mulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan number sense siswa di SDN 1 Bendiljati Kulon secara umum masih kurang dan belum mencapai nilai KKM yaitu dengan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 37 di SDN 1 Sambijajar secara umum sudah termasuk cukup dengan rata-rata nilai 52 namun juga masih berada di bawah nilai KKM. Apabila dilihat dari kelompok siswa nilai yang diperoleh siswa kelompok tinggi sudah mencapai nilai KKM pada indikator number operations dan number relationship sedangkan pada kelompok sedang dan rendah masih belum ada yang mencapai nilai KKM dan juga siswa masih lemah dalam menyelesaikan soal-soal terutama pada indikator number operations. Begitu pula untuk SDN 1 Trenceng kemampuan number sense yang dimiliki siswa kelas V secara umum adalah cukup dengan rata-rata nilai 56 namun juga masih berada di bawah nilai KKM namun apabila dilihat dari masing-masing kelompok maka hanya siswa dari kelompok tinggi yang mampu mencapai nilai KKM yaitu pada indikator number meaning number magnitude dan number operations sedangkan pada indikator number relationship dan number referents masih di bawah nilai KKM. Dan untuk kelompok sedang dan rendah nilai yang diperoleh secara umum masih berada di bawah nilai KKM. Hasil yang diperoleh pada gugus 5 Kecamatan Sumbergempol yang diwakili oleh 3 SD tersebut adalah vii kemampuan siswa secara umum pada indikator number meaning number magnitude number operations number relationship dan number referents masih tergolong kurang dan masih berada di bawah nilai KKM. Selain itu dapat diketahui bahwa nilai tertinggi diperoleh SDN 1 trenceng dengan nilai 56 dan nilai terendah diperoleh SDN 1 Bendiljati Kulon dengan nilai 37. Berdasarkan kesulitan-kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal terkait materi bilangan dan masih rendahnya nilai yang diperoleh siswa yaitu masih banyak yang berada di bawah nilai KKM maka guru sebaiknya menanamkan konsep bilangan dengan lebih mendalam lagi mengerjakan soal-soal materi bilangan khususnya pada operasi hitung serta besaran bilangan. Sehingga apabila siswa lancer dalam melakuka perhitungan bilangan maka siswa akan lebih mudah untuk menyelesaikan soal-soal matematika yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6854

Actions (login required)

View Item View Item