Implementasi pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler muatan lokal PKn di kelas III-A SDN Sawojajar 6 Malang / Dea Nuril Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler muatan lokal PKn di kelas III-A SDN Sawojajar 6 Malang / Dea Nuril Khasanah

Khasanah, Dea Nuril (2018) Implementasi pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler muatan lokal PKn di kelas III-A SDN Sawojajar 6 Malang / Dea Nuril Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khasanah Dea Nuril. 2018. Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Intrakurikuler Muatan PKn di Kelas III-A SDN Sawojajar 6 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si (II) Dra. Murtiningsih M.Pd Kata Kunci Pendidikan Karakter Intrakurikuler Muatan PKn Pendidikan harusnya mampu menanamkan pengetahuan dan karakter yang mulia bagi siswa. Salah satu tempat pembentukan karakter bagi siswa ialah sekolah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal berperan penting dalam pembentukan karakter karena sekolah adalah tempat siswa belajar dan berkembang. Berdasarkan observasi di SDN Sawojajar 6 Malang pada 9 Februari 2018 sekolah tersebut telah menerapkan pendidikan karakter tetapi masih ada pelanggaran yang terjadi yaitu terlambat datang kesekolah tidak memakai atribut seragam lengkap tidak mengerjakan tugas dan membuat kegaduhan didalam kelas. Adanya permasalahan tersebut peneliti bermaksud melakukan penelitian tentang pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler muatan PKn di Kelas III-A SDN Sawojajar 6 pada tahap perencanaan dan pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas dokumen Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Pelaksanaan Pembelajaran di kelas III-A SDN Sawojajar 6 Malang. Penelitian ini berfokus pada satu Muatan mata pelajaran. Muatan yang dipilih ialah muatan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Muatan PKn dipilih karena PKn erat kaitannya dengan penerapan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan pendidikan karakter yang muncul pada tahap perencanaan di sesuaikan dengan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai. Muatan pendidikan karakter yang muncul pada tahap perencanaan ada 8 karakter yang muncul 4 diantaranya merupakan karakter baru. Muatan pendidikan karakter yang muncul pada tahap pelaksanaan lebih disesuaikan dengan kondisi siswa dan kondisi waktu. Muatan pendidikan karakter yang muncul pada tahap pelaksanaan ada 11 karakter yang muncul 3 diantaranya merupakan karakter baru. Berdasarkan hal tersebut pendidikan karakter telah terlaksana di SDN Sawojajar 6 Malang melalui kegiatan intrakurikuler baik pada tahap perencanaan maupun tahap pelaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti ingin memberikan saran terhadap implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler di SDN Sawojajar 6 Malang karakter-karakter yang tereksplorasi dalam pembelajaran tetapi tidak terfasilitasi pada 18 nilai karakter hendaknya dijadikan kontribusi dalam memperkaya penanaman karakter pada siswa. Karakter yang dimaksud yaitu kewajiban hemat energi menghargai orang lain dan hemat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6851

Actions (login required)

View Item View Item