Kemampuan siswa dalam menemukan unsur-unsur paragraf dalam teks bacaan pada siswa kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Wanudya Eka Sitaresmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan siswa dalam menemukan unsur-unsur paragraf dalam teks bacaan pada siswa kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Wanudya Eka Sitaresmi

Sitaresmi, Wanudya Eka (2018) Kemampuan siswa dalam menemukan unsur-unsur paragraf dalam teks bacaan pada siswa kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Wanudya Eka Sitaresmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sitaresmi Wanudya Eka. 2018. Kemampuan Siswa dalam Menmukan Unsur-unsur Paragraf dalam Teks Bacaan pada Siswa Kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi. Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M. Pd. (II) Drs. Dimyati S. Pd M. Pd. Kata Kunci Paragraf Unsur-unsur paragraf Sekolah Dasar Paragraf adalah satuan ide yang memiliki beberapa unsur berupa jenis-jenis kalimat diantaranya kalimat topik kalimat pengembang dan kalimat penegas. Unsur-unsur paragraf adalah bagian dari paragraf yang mempunyai fungsi tertentu dan saling berkaitan antara kalimat topik kalimat pengembang dan kalimat penegas. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas V SDN Bumiayu 2 Kota Malang yang dilakukan pada tanggal 5 Maret 2018 ditemukan bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami teks bacaan yang ada. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang dalam menemukan kalimat topik dalam paragraf (2) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang dalam menemukan kalimat pengembang dalam paragraf (3) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang dalam menemukan kalimat penegas dalam paragraf. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik sampel random. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan tes dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian siswa yang mempunyai kemampuan dalam menemukan kalimat topik dengan kriteria baik sekali sebesar 94 29% dan kriteria baik sebesar 5 71%. Siswa yang mempunyai kemampuan dalam menemukan kalimat pengembang dengan kriteria baik sekali sebesar 55 71% kriteria baik sebesar 4 29% kriteria cukup sebesar 5 72% kriteria kurang sebesar 27 14% dan kriteria sangat kurang sebesar 7 14%. Siswa yang mempunyai kemampuan dalam menemukan kalimat penegas dengan kriteria cukup sebesar 5 72% kriteria kurang sebesar 75 71% dan kriteria sangat kurang dengan kriteria 18 57%. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat saran yang ditujukan kepada bebarapa pihak. Guru hendaknya memberikan teks yang bervariasi dari berbagai sumber agar siswa dapat berlatih menemukan unsur-unsur paragraf. Bagi sekolah hendaknya memprogram pembinaan keprofesian guru terkait dengan pembelajaran Bahasa Indonesia agar guru menjadi lebih terampil dalam memberikan materi kepada siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian tentang unsur-unsur paragraf pada siswa dengan tingkatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6848

Actions (login required)

View Item View Item