Peningkatan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB melalui model Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri Gedog 02 Kota Blitar / Fitria Dermawanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB melalui model Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri Gedog 02 Kota Blitar / Fitria Dermawanti

Dermawanti, Fitria (2018) Peningkatan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB melalui model Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri Gedog 02 Kota Blitar / Fitria Dermawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Dermawanti Fitria. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB melalui Model Student Team Achievement Division (STAD) pada Kelas IV SD Negeri Gedog 02 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Zainuddin M.Pd. (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar model Student Team Achievement Division Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Gedog 02 Kota Blitar diketahui bahwa terdapat permasalahan sebagai berikut. (1) hasil belajar matematika siswa masih rendah ditunjukkan dengan 18 siswa atau 67 % siswa tidak tuntas belajar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70 (2) pembelajaran tidak berdasarkan RPP (3) siswa belajar tidak menggunakan media (4) siswa tampak duduk mendengarkan penjelasan guru (5) beberapa siswa mendominasi dan banyak siswa yang tidak aktif serta belum mampu mengikuti pembelajaran dengan baik (6) siswa cenderung menghafal tidak memahami konsep. Sebagai upaya memperbaiki keadaan tersebut dilakukan penerapkan model Student Team Achiecement Divion (STAD) pada materi KPK dan FPB. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif jenis PTK. Hasil penelitian dengan menerapkan model STAD dapat dilakukan guru sesuai rumusan masalah. Pada siklus I rata-rata persentase keberhasilan aktivitas guru sebesar 91% dengan kategori sangat baik meningkat menjadi 100% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Persentase keberhasilan aktivitas siswa 79 5% dengan kategori cukup baik pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Sementara itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pratindakan adalah 58 5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 37% ketuntasan ini dikategorikan sangat kurang. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70 5 ketuntasan belajar klasikal sebesar 72 5% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 90 5% yang masuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas IV SDN Gedog 02 Kota Blitar. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model STAD sebagai salah satu alternatif bahan pertimbangan dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran serta hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item View Item