Analisis Kesalahan Tataran Sintaksis dalam Karangan Siswa Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nurul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Kesalahan Tataran Sintaksis dalam Karangan Siswa Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nurul Hidayah

Hidayah, Nurul (2018) Analisis Kesalahan Tataran Sintaksis dalam Karangan Siswa Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nurul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Nurul. 2018. Analisis Kesalahan Tataran Sintaksis dalam Karangan Siswa Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd (2) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd. Kata kunci Kesalahan Tataran Sintaksis SD Siswa SD dituntut untuk memahami bahasa Indonesia resmi sesuai kaidah gramatikal. Tataran sintaksis adalah subsistem gramatikal yang mengkaji seluk beluk antara kata frasa klausa kalimat dan wacana. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kesalahan tataran sintaksis pada bidang frasa dan kalimat dalam karangan siswa SD Gugus 3 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas V SD gugus 3 Kecamatan Turen Kabupaten Malang sebanyak 42 orang siswa. Objek penelitian ini berupa hasil tulisan siswa kelas V berupa karangan eksposisi. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan teknik observasi tes wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kesalahan tataran sintaksis pada bidang frasa ditemukan pada 36 karangan dengan 5 indikator yaitu (1) bahasa daerah mempengaruhi tulisan siswa (2) tertukarnya preposisi yang menyatakan tempat waktu dan tujuan berpengaruh pada ketidaksesuaian preposisi (3) unsur yang berlebihan mempengaruhi kemubadziran frasa (4) penyangatan yang lebih dari satu mempengaruhi bentuk superlatif yang berlebihan dan (5) penggunaan kata berulang dan kata bantu jamak mempengaruhi adanya penjamakan ganda. Kedua kesalahan tataran sintaksis pada bidang kalimat ditemukan pada 35 karangan dengan 9 indikator yaitu (1) pengawal kalimat berupa preposisi mempengaruhi tidak adanya subjek kalimat (2) hubungan gantung dengan kalimat sebelumnya mempengaruhi kalimat tidak memiliki subjek dan predikat (3) penekanan kalimat lebih dari satu mempengaruhi adanya subjek ganda (4) adanya prpeosisi di antara predikat dan objek mempengaruhi predikat dan objek tersisipi (5) penggunaan kata atau klausa yang memiliki makna sama mempengaruhi kemudaziran kalimat (6) pernyataan yang tidak dapat diterima akal mempengaruhi ketidaklogisan kalimat (7) penegasan kalimat yang tidak ada mempengaruhi tidak adanya konjungsi sebelum anak kalimat (8) ketidaksesuaian konjungsi berpasangan mempengaruhi tidak dapat menafikan kalimat dan (9) bahasa asing mempengaruhi munculnya kata tanya pada kalimat deklaratif. Hasil dari penelitian ini disarankan sebagai pertimbangan bagi guru untuk menggunakan pendekatan proses menulis yang meliputi pra menulis pemburaman perevisian pengeditan dan pemublikasian tulisan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6845

Actions (login required)

View Item View Item