Analisis Butir Soal Buku Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Berdasarkan Taksonomi / Istawa Badru Zaman - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Butir Soal Buku Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Berdasarkan Taksonomi / Istawa Badru Zaman

Zaman, Istawa Badru (2018) Analisis Butir Soal Buku Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Berdasarkan Taksonomi / Istawa Badru Zaman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zaman Istawa Badru. 2018. Analisis Butir Soal Buku Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Berdasarkan Taksonomi. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd. (2) Esti Untari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci analisis butir boal taksonomi bloom Buku ajar yang digunakan oleh peserta didik sudah mencukupi tetapi untuk beberapa peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata-rata masih merasa kurang dalam materi pembelajaran yang ada dalam buku ajar tersebut. Terdapat penelitian terdahulu yang dilakukan Halimah (2017) menunjukkan bahwa presentase tingkat kognitif pada buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV tema Indahya Kebersamaan intregasi pada subtema 1 dan 3 memiliki presentasi kurang imbang. Terdapat kriteria yang lebih yaitu pada kriteria mudah. Sehingga terjadi kekurangan pada kriteria lain yaitu kriteria sedang dan sulit. Berdasarkan penelitian terdahulu tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal pada buku siswa agar dalam proses pembelajaran dapat sebagai patokan dalam pengembangan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan penyajian data beruapa deskriptif sebuah tulisan sebagai hasil dalam penelitian tersebut. Sumber data berupa buku siswa kelas V tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi menggunakan alat perekam data berupa tabel yang mencatat soal-soal yang ada pada buku siswa. Hasil penelitian menunjukkan 448 soal terdiri dari 96 butir soal dalam subtema 1 166 butir soal dalam subtema 2 dan 186 butir soal dalam subtema 3.Subtema 1 terdapat 44 butir soal (C1) presentase 46% 21 butir soal memahami (C2) 22% 4 butir soal menerapkan (C3) 4% 7 butir soal menganalisis (C4) 7% 0 butir soal mengevaluasi (C5) 0% dan 20 butir soal mencipta (C6) 21%. Subtema 2 terdapat 117 butir soal mengingat (C1) 71% 18 butir soal memahami (C2) 11% 7 butir soal menerapkan (C3) 4% 7 butir soal menganalisis (C4) 4% 2 butir soal mengevaluasi (C5) 1% dan 15 butir soal (C6) dengan presentasi 9%. subtema 3 terdapat 160 butir soal mengingat (C1) 86% 7 butir soal memahami (C2) 4% 2 butir soal menerapkan (C3) 1% 0 butir soal menganalisis (C4) 0% 3 butir soal mengevaluasi (C5) 2% dan 14 butir soal mencipta (C6) dengan presentasi 7%. Low Order Thinking Skills 83 % sedangkan Higher Order Thinking Skills 17 %. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kognitif dari buku siswa kelas V tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia mulai dari subtema 1 subtema 2 subtema 3 masih kurang seimbang antara tingkat kognitif dengan kategori mudah sedang dan sukar. Masih perlu pengembangan agar sesuai dengan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6844

Actions (login required)

View Item View Item