Analisis soal penilaian akhir semester kelas III di SDN se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Ariska Endah Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis soal penilaian akhir semester kelas III di SDN se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Ariska Endah Pratiwi

Pratiwi, Ariska Endah (2018) Analisis soal penilaian akhir semester kelas III di SDN se-kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Ariska Endah Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pratiwi Ariska Endah. 2018. Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Kelas III di SDN se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M. Pd (II) Dra. Nihayati S. Pd M. Pd Kata Kunci Analisis Soal Validitas Reliabilitas Daya Beda Tingkat Kesukaran. Penilaian Akhir Semester adalah kegiatan untuk mengetahui hasil belajar siswa selama satu semester. Penilaian Akhir Semester menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda isian singkat dan uraian. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan soal yang dijawab benar oleh seluruh siswa dan dijawab salah oleh seluruh siswa padahal soal yang dijawab benar dan dijawab salah oleh seluruh siswa berarti soal tersebut tidak bisa membedakan kemampuan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas reliabilitas daya beda dan tingkat kesukaran untuk mengetahui kualitas soal sehingga hasilnya benar-benar mencerminkan kemampuan siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan jenis penelitiannya ex-post facto. Pendekatan dan jenis penelitian dipilih karena penelitian ini menggambarkan kualitas soal Penilaian Akhir Semester Kelas III yang diujikan pada akhir semester gasal Tahun Ajaran 2017/2018. Sumber datanya yaitu 2254 lembar jawaban PAS siswa Kelas III dari 45 SDN di Kecamatan Kedungkandang dan sampel yang diambil sebanyak 340 lembar jawaban dari 9 SDN dengan menggunakan teknik area nonproportional random sampling. Data yang diambil berupa nama dan jawaban siswa. Analisisnya menggunakan bantuan program ITEMAN versi 4.4 dan Microsoft Excel. Hasil analisis menunjukkan lebih dari separuh soal memiliki validitas tergolong rendah artinya lebih dari separuh soal belum dapat mengukur dengan tepat hasil belajar siswa. Reliabilitas sebagian besar soal tergolong cukup artinya sebagian besar soal belum dapat dipercaya dan relatif tetap untuk menggambarkan hasil belajar siswa. Daya beda soal lebih dari separuh berkategori cukup dan jelek artinya lebih dari separuh soal belum mampu membedakan siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan rendah. Hal ini dapat disebabkan karena pada proses penyusunan soal belum dilakukan uji coba untuk mengetahui kualiatas soal. Tingkat kesukaran soal lebih dari separuh juga masih berkategori mudah artinya lebih dari separuh soal belum dapat merangsang siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa lebih dari separuh soal memiliki validitas rendah daya beda belum baik dan tingkat kesukaran mudah sedangkan sebagian besar soal memiliki reliabilitas cukup. Oleh karena itu sebaiknya sebelum soal digunakan perlu diadakan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas soal. Soal kategori sedang dan sukar juga harus dikembangkan seimbang dengan soal mudah dan didasarkan pada HOTS agar soal dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6843

Actions (login required)

View Item View Item