Pengembangan bahan ajar berbasis CD interaktif materi kubus dan balok kelas V semester II di SDN Kesatrian I Kota Malang / Siti Alimah

Alimah, Siti (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis CD interaktif materi kubus dan balok kelas V semester II di SDN Kesatrian I Kota Malang / Siti Alimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alimah, Siti. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Materi Kubus dan Balok Kelas V Semester II di SDN Kesatrian 1 Kota Malang. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuniawatika, S.Pd., M.Pd. (II) Putri Mahanani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, CD Interaktif, Kubus dan Balok. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru kelas V SDN Kesatrian 1 Kota Malang tanggal 12 Februari 2018, didapatkan hasil bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menentukan bangun kubus atau balok dalam soal cerita apabila soal tersebut dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika dalam soal cerita menggunakan kata akuarium untuk menggantikan bangun balok, siswa kesulitan dalam menentukan bangun tersebut apakah termasuk bangun kubus atau bangun balok. Didapatkan informasi lain bahwa siswa senang dan tertarik apabila pembelajaran menggunakan CD Interaktif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu, (1) menghasilkan produk bahan ajar matematika materi kubus dan balok berbasis CD interaktif kelas V semester II yang valid secara materi, media dan pengguna, dan (2) mengetahui hasil pre test dan post test sebelum dan sesudah menggunakan produk bahan ajar matematika materi kubus dan balok berbasis CD interaktif kelas V semester II di SDN Kesatrian 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model prosedural dick and carrey yang sudah dimodifikasi. Adapun prosedur/langkah-langkah tersebut yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan, (2) analisis instruksional, (3) analisis pebelajar dan konteks, (4) merumuskan tujuan, (5) mengembangkan instrumen, (6) mengembangkan materi instruksional dan bahan ajar, (7) merancang dan melakukan evaluasi formatif, (8) melakukan revisi berdasarkan evaluasi formatif, dan (9) produk akhir. Pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Angket penilaian diberikan kepada ahli media, ahli materi, pengguna, dan siswa. Dari hasil angket tersebut terkumpul data kuantitatif dan kualitatif. Wawancara dan observasi dilakukan untuk pengumpulan data awal. Berdasarkan evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli materi pembelajaran diperoleh persentase 96,42 %, ahli media sebesar 91,07%, pengguna (guru) sebesar 97,91%, penilaian uji coba perseorangan siswa sebesar 91,67%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,02% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 17,41%. Berdasarkan hasil evaluasi formatif tersebut dapat disimpulkan bahwa produk sangat valid dan layak untuk digunakan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6841

Actions (login required)

View Item View Item