Analisis kesesuaian cakupan materi pada buku siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan edisi revisi 2017 dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 / Yuni Suharti Sitanggang - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian cakupan materi pada buku siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan edisi revisi 2017 dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 / Yuni Suharti Sitanggang

Sitanggang, Yuni Suharti (2018) Analisis kesesuaian cakupan materi pada buku siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan edisi revisi 2017 dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 / Yuni Suharti Sitanggang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sitanggang Yuni Suharti. 2018. Analisis Kesesuaian Cakupan Materi pada Buku Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Edisi Revisi 2017 dengan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Syaiful Imam S.Pd M.Pd (II) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd. Kata kunci Cakupan materi Buku siswa kelas V tema 7 kompetensi dasar Kurikulum 2013 Buku guru dan buku siswa merupakan komponen penting yang membantu guru dan siswa dalam pembelajaran di sekolah yang digunakan sebagai acuan pembelajaran. Buku siswa berisi materi pembelajaran yang harus mengacu pada Kompetensi Dasar (KD) dalam kurikulum 2013. Oleh karena itu peneliti melakukan analisis untuk mengkaji kesesuaian pada buku siswa kelas V tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan edisi revisi 2017 dengan Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik kajian isi (content analysis). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku siswa kelas V tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan edisi revisi 2017. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman analisis kesesuaian antara cakupan materi pada setiap muatan pelajaran dalam buku siswa dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Hasil penelitian ini akan dipaparkan sebagai berikut. (1) cakupan materi pada muatan pelajaran PPKn yang sesuai dengan kompetensi dasar ditemukan sebanyak 14 butir dan yang tidak sesuai sebanyak 2 butir dari total 16 butir (2) cakupan materi pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kompetensi dasar ditemukan sebanyak 22 butir dan yang tidak sesuai sebayak 14 butir dari total 36 butir (3) cakupan materi pada muatan pelajaran IPA yang sesuai dengan kompetensi dasar ditemukan sebanyak 15 butir dan yang tidak sesuai sebanyak 3 butir dari total 18 butir (4) cakupan materi pada muatan pelajaran IPS yang sesuai dengan kompetensi dasar ditemukan sebanyak 18 butir dan yang tidak sesuai sebanyak 0 butir dari total 18 butir dan (5) cakupan materi pada muatan pelajaran SBdP yang sesuai dengan kompetensi dasar ditemukan sebanyak 16 butir dan yang tidak sesuai sebanyak 2 butir dari total 18 butir. Berdasarkan hasil penelitian tersebut guru diharapkan selalu memperhatikan dan menganalisis buku siswa sebelum melakukan pembelajaran di dalam kelas bagi penulis buku juga harus lebih memperhatikan bagian isi buku agar menghasilkan buku yang berkualitas serta disarankan kepada peneliti lain untuk mengembangkan penelitian ini lebih lanjut lagi yaitu mengenai kesesuaian isi buku siswa dengan tujuan pembelajaran dan standar penilaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6840

Actions (login required)

View Item View Item