Muatan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan full day school di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang / Prasetyaning Suci Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Muatan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan full day school di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang / Prasetyaning Suci Rahayu

Rahayu, Prasetyaning Suci (2018) Muatan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan full day school di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang / Prasetyaning Suci Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rahayu Prasetyaning Suci. 2018. Muatan Nilai-Nilai Krakter dalam Pelaksanaan Full Day School di Kelas IVb SDN Bareng 3 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si. (II) Dra. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Nilai Karakter Full Day School Kokurikuler. Berdasarkan pendapat yang berkembang di masyarakat pembangunan karakter bangsa Indonesia belum dilakukan secara maksimal. Pendapat tersebut didukung oleh beberapa kasus yang terjadi beberapa tahun belakangan ini khususnya di Kota Malang. Hal itu menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam sektor pendidikan untuk memperbaiki sistematika pendidikan yang ada dengan cara meningkatkan pengembangan nilai karakter bangsa. Nilai karakter dapat dikuatkan melalui pelaksanaan Full Day School. Oleh karena itu Kemendikbud menggalakkan pentingnya pendidikan karakter melalui lembaga pendidikan dengan mengembangkan pembelajaran intrakurikuler kokurikuler dan ekstrakurikuler. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan full day school di kelas IVb SDN Bareng 3 Kota Malang (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kokurikuler yang bermuatan nilai-nilai karakter pada konteks full day school di Kelas IVb SDN Bareng 3 Kota Malang serta (3) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran kokurikuler pada konteks full day school di Kelas IVb SDN Bareng 3 Kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SDN Bareng 3 dengan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IVb. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan full day school di kelas IVb SDN Bareng 3 Kota Malang memberikan cukup ruang untuk peserta didik bereksplorasi membentuk kompetensi nilai karakter (2) Nilai-nilai karakter disisipkan dengan cara pengintegrasian muatan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran. (3) muatan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan melalui pembelajaran kokurikuler menghasilkan 5 nilai karakter yang menonjol yaitu disiplin kerja keras kreatif mandiri dan bertanggung jawab serta 2 nilai karakter yang sering muncul pada setiap pembelajaran kokurikuler yaitu bersahabat dan peduli lingkungan. Peneliti dapat memberikan saran yaitu (1) kepala sekolah hendaknya melakukan monitoring tentang pembelajaran kokurikuler (2) guru hendaknya membuat perencanaan kegiatan kokurikuler secara tertulis dan (3) sekolah hendaknya mempersiapkan fasilitas yang memadai untuk mendukung pelaksanaan kegiatan kokurikuler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item View Item