Implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota malang / Yuliati Nur Azizah

Azizah, Yuliati Nur (2018) Implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota malang / Yuliati Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Azizah, Yuliati Nur. 2018. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran di Kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dra. Nur Hanifah, M. Pd, (II) Drs. Suhartono, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Implementasi, Penguatan Pendidikan Karkater, Sekolah Dasar. Karakter dapat terbentuk dari apa yang dipelajarinya di sekolah, dalam keluarga di rumah, dan lingkungan sekitar. Sekolah yang kondusif dalam penerapan pendidikan karakter tidak akan efektif membentuk karakter siswa jika situasi rumah dan lingkungan sekitar siswa tidak kondusif dan tidak menunjukkan karakter yang baik. Penguatan karakter sangat penting dan utama dalam sistem pendidikan di Indonesia sebagai fondasi terbentuknya generasi yang berkualitas yang mampu hidup mandiri dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran, nilai-nilai karakter yang diimplementasikan dalam pembelajaran, dan karakter yang tampak pada siswa pada saat pembelajaran di kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang bulan Februari-Maret 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dan menggunakan alat bantu berupa petunjuk observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran terdiri atas perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, serta tindak lanjut pembelajaran. Guru mengintegrasikan nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh Kemendikbud meliputi 5 nilai utama yaitu: a) Religius; b) Nasionalis; c) Mandiri; d) Gotong royong; dan e) Integritas yang terintegrasi dalam pembelajaran di kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Guru kelas V memiliki keterampilan dan inovasi untuk mengintegrasikan nilai-nilai karkater yang ingin dikembangkan pada setiap pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas dan karakteristik siswa kelas V. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian penguatan pendiidkan karakter dalam pembelajaran di kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota Malang telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan standart proses dan pedoman PPK. Disarankan agar pihak sekolah dapat mengoptimalkan peran orang tua dan kinerja guru dalam upaya mengoptimalkan implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6838

Actions (login required)

View Item View Item