Hambatan-hambatan guru dalam pengelolaan kelas di kelas III SDN Sawojajar 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Tita Dewi Malinda

Malinda, Tita Dewi (2018) Hambatan-hambatan guru dalam pengelolaan kelas di kelas III SDN Sawojajar 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Tita Dewi Malinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Malinda, Tita Dewi. 2018. Hambatan-Hambatan Guru dalam Pengelolaan Kelas di Kelas III SDN Sawojajar 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Toha Mashudi, S.Pd., M.Pd, (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja, M.Pd. Kata Kunci: hambatan-hambatan guru dalam pengelolaan kelas, sekolah dasar Guru yang profesional pada hakikatnya harus menguasi keterampilan dasar mengajar, salah satunya yaitu keterampilan mengelola kelas. Mengelola kelas merupakan keterampilan dasar mengajar guru yang bertujuan untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikannya jika terjadi gangguan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang wawasan guru berkaitan dengan keterampilan pengelolaan kelas, pelaksanaan keterampilan pengelolaan kelas pada saat pembelajaran, dan hambatan-hambatan guru dalam pelaksanaan keterampilan pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara dan observasi. Selain mendeskripsikan data yang terkumpul, peneliti juga melakukan pengukuran dengan rating scale. Melalui pengukuran tersebut peneliti mendapatkan persentase perolehan total skor untuk menentukan predikat, yaitu ÔÇ£sangat kurangÔÇØ, ÔÇ£kurangÔÇØ, ÔÇ£cukupÔÇØ, ÔÇ£baikÔÇØ, atau ÔÇ£sangat baikÔÇØ. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hal-hal sebagai berikut: (1) wawasan guru terhadap keterampilan pengelolaan kelas mendapatkan predikat ÔÇ£baikÔÇØdengan persentase sebesar 61,36%, (2) keterampilan pengelolaan kelas oleh guru pada saat pembelajaran mendapatkan predikat ÔÇ£sangat baikÔÇØ, yaitu dengan persentase sebesar 82,89%, 82,89%, dan 80,26% pada tiga kali observasi yang dilakukan peneliti, (3) hambatan-hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan keterampilan pengelolaan kelas antara lain, menunjukkan sikap tanggap, memberi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas, menegur, memodifikasi tingkah laku, menggunakan pendekatan pemecahan masalah kelompok, menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah, tantangan belajar melalui tindakan, penggunaan variasi media pembelajaran, keluwesan memusatkan perhatian siswa dan pengorganisasian tugas, pemberian penguatan, serta penanganan konflik yang timbul dalam kelompok. Kesimpulan yang diambil dari hasil analisis, yaitu meskipun wawasan guru sudah baik dan keterampilan guru dalam melaksanakan keterampilan pengelolaan kelas pada saat pembelajaran sudah sangat baik, namun tidak menutup kemungkinan bahwa guru tetap mengalami hambatan-hambatan dalam pengelolaan kelas yang membuat pembelajaran tidak kondusif. Dengan demikian, disarankan agar guru mengenali serta mencari solusi terhadap hambatan-hambatan yang dialami dalam pengelolaan kelas agar pembelajaran lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item