Analisis muatan multiliterasi buku siswa tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V sekolah dasar / Khusnul Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis muatan multiliterasi buku siswa tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V sekolah dasar / Khusnul Rahayu

Rahayu, Khusnul (2018) Analisis muatan multiliterasi buku siswa tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V sekolah dasar / Khusnul Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Khusnul Rahayu. 2018. Analisis Muatan Multiliterasi Buku Siswa Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. (II) Yuniawatika S.Pd M.Pd. Kata Kunci multiliterasi multikonteks multimedia multibudaya Pada abad ke-21 terdapat kompetensi belajar dan berkehidupan yang harus dimiliki agar dapat berpartisipasi dan berkontribusi secara global. Kompetensi tersebut difasilitasi oleh keterampilan multiliterasi. Multiliterasi berkenaan dengan multikonteks multimedia dan multibudaya. Sebagai salah satu sarana belajar dalam kurikulum 2013 buku siswa memegang peranan penting dalam meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan kompetensi abad ke-21. Buku siswa ini menerapkan multiliterasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ragam dan persentase masing-masing ragam muatan multiliterasi dalam buku siswa (2) mengetahui apakah pembelajaran dalam buku siswa khususnya subtema 1 dan 2 telah merefleksikan multiliterasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah hasil pencatatan (informasi) terkait dengan multikonteks multimedia multibudaya dan penilaian autentik pada pembelajaran. Sumber data adalah buku siswa kelas V tema 1. Organ Gerak Hewan dan Manusia edisi revisi tahun 2017 subtema 1 dan 2 sebagai sumber data utama dan buku guru sebagai sumber data pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar perekam data muatan multiliterasi dan penilaian autentik. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Hubermann yang meliputi tiga tahapan analisis data yaitu tahap reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification). Ditemukan tiga ragam multikonteks secara terurut dari persentase tertinggi yakni ragam multikonteks 1 sebesar 50% ragam 2 sebesar 33 3% dan ragam 3 sebesar 16 7%. Ditemukan tiga ragam multimedia secara terurut dari persentase tertinggi yakni ragam multimedia 1 sebesar 50% ragam 2 sebesar 41 7% dan ragam 3 sebesar 8 3%. Ditemukan delapan ragam multibudaya secara terurut dari persentase tertinggi yakni ragam multibudaya 1 sebesar 25% ragam 2 dan 3 sebesar 16 7% dan ragam 4 5 6 7 dan 8 sebesar 8 3%. Sementara itu Semua pembelajaran yang dianalisis telah memenuhi seluruh muatan multiliterasi dengan persentase mencapai 100% yang termasuk dalam kriteria sangat baik didukung dengan penggunaan penilaian autentik dengan persentase mencapai 91 7%. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dalam buku siswa sudah ideal sebagai pembelajaran yang multiliterasi. Dengan demikian guru hendaknya dapat mengimplementasikan pembelajaran dalam buku siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6836

Actions (login required)

View Item View Item