Peningkatan hasil belajar menggali informasi penting pada teks narasi sejarah melalui model think pair share bagi siswa kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar / Wahyu Nurul Fadhillah

Fadhillah, Wahyu Nurul (2018) Peningkatan hasil belajar menggali informasi penting pada teks narasi sejarah melalui model think pair share bagi siswa kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar / Wahyu Nurul Fadhillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fadhillah, Wahyu Nurul. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Menggali Informasi Penting pada Teks Narasi Sejarah Melalui Model Think Pair and Share Bagi Siswa Kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing: (I) Dra. Sutansi, M.Pd (II) Drs. Suhel Madyono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, menggali informasi, teks narasi sejarah, model think pair and share. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas V, diperoleh informasi bahwa: (1) siswa belum memahami langkah-langkah menggali informasi pada teks narasi sejarah, (2) siswa kesulitan dalam mengelompokkan informasi menggunakan aspek: apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana, (3) siswa kesulitan menyusun kalimat pertanyaan, (4) siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat, (5) metode tanya jawab yang digunakan guru belum mengaktifkan siswa, (6) hanya 30% siswa yang mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model TPS pada proses pembelajaran materi menggali informasi penting pada teks narasi sejarah, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi menggali informasi penting pada teks narasi sejarah melalui model TPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa dan guru model. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada tahap pratindakan, siklus I dan siklus II. Pada tahap pratindakan, nilai guru sebesar 82,1 (menggunakan APKG) dan ketuntasan belajar siswa sebesar 37,14% dengan kriteria sangat kurang. Persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 86,84% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II sebesar 94,73% dengan kriteria sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 73,68% dengan kriteria cukup, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 89,47% dengan kriteria baik. Penerapan model TPS juga meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat diketahui dengan persentase ketuntasan belajar individu pada siklus I sebesar 63,57% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 89,2%. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan model TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Oleh karena itu, hendaknya guru menggunakan model TPS sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggali informasi penting pada teks narasi sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6834

Actions (login required)

View Item View Item