Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan / Yohananda Eka Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan / Yohananda Eka Putri

Putri, Yohananda Eka (2018) Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan / Yohananda Eka Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putri Yohananda Eka. 2018. Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Gambar Berseri Menulis Karangan Narasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan dalam pembelajaran dengan materi menulis hasil karangan narasi siswa memiliki nilai yang rendah. Hal ini disebabkan siswa belum menggunakan kerangka karangan dalam menulis karangan. Selain itu penggunaan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran lebih maksimal juga masih jarang dilakukan. Dari data pra tindakan yang diperoleh hanya ada 4 dari 12 siswa kelas IV yang nilainya mencapai KKM dalam menulis karangan narasi. Sehingga dapat diketahui bahwa keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi masih kurang dan perlu adanya upaya peningkatan sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan proses penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan. Pendekatan penelitian yang dipilih pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan pada semester 2 Tema 8. Subjek penelitian ialah seluruh siswa kelas IV SDN Sidomukti Kabupaten Lamongan yang berjumlah 12 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 7 siswa dan siswa perempuan berjumlah 5 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru lembar observasi aktivitas siswa lembar observasi penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran serta catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pelaksanaan penggunaan media gambar berseri tercermin pada RPP. Kegiatan dalam RPP secara tersirat sesuai dengan enam tahapan menulis karangan. Siswa membuat kerangka karangan berdasarkan gambar berseri yang telah diterima kemudian mengembangkan menjadi karangan. Penggunaan media gambar berseri menjadikan siswa antusias dan pembelajaran menjadi kondusif. (2) Hasil menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan ii media gambar berseri mengalami peningkatan setiap siklusnya. Adapun aspek yang dinilai dalam menulis karangan narasi ini meliputi isi karangan organisasi isi karangan pemilihan kata kebahasaan dan teknik penulisan. Peningkatan yang terjadi tiap siklusnya meliputi ketuntasan klasikal pada pra tindakan yang hanya sebesar 33 33% mengalami peningkatan menjadi 58 33% pada siklus 1 dan pada siklus 2 mengalami peningkatan lagi menjadi 88 88%. Aspek yang paling dikuasai siswa ialah aspek isi karangan sedangkan aspek yang paling lemah ialah aspek teknik penulisan. Dari hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penggunaan media gambat berseri terlaksana sesuai dengan RPP yang dalam langkahnya terdapat enam tahapan menulis. Selain itu berdasarkan penilaian dengan lima aspek (isi karangan organisasi isi karangan pemilihan kata kebahasaan dan teknik penulisan) penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Terdapat beberapa saran berdasarkan penelitian ini. Bagi siswa hendaknya lebih sering melatih diri dalam menulis khususnya karangan narasi. Bagi guru hendaknya pada pembelajaran menulis karangan narasi lebih membimbing pada aspek teknik penulisan. Untuk sekolah penggunaan media gambar beseri ini terbukti berhasil untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi ssiwa oleh sebab itu lanjutkan penggunaan media gambar berseri ini jika ada pembelajaran yang sesuai. Dan untuk peneliti lain akan lebih baik jika pada penelitian yang akan datang lebih intensif dalam memberikan bimbingan kepada siswa saat menulis karangan khususnya pada teknik penulisannya. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6831

Actions (login required)

View Item View Item