Ufaida, Fathna (2018) Analisis kesesuaian buku guru dan buku siswa tema sehat itu penting pada kurikulum 2013 di kelas V SD / Fathna Ufaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Ufaida Fathna. 2018. Analisis Kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Tema Sehat itu Penting pada Kurikulum 2013 di Kelas V SD. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata Kunci analisis kesesuaian buku guru dan buku siswa SD Berdasarkan hasil analisis awal terhadap buku guru dan buku siswa kelas V tema 4 Sehat itu Penting ditemukan ketidaksesuaian dalam pembelajaran 1 yaitu materi dalam dibuku siswa belum memenuhi ketercapaian KD IPA 3.4 dan KD Bahasa Indonesia 4.6 yang terdapat dalam buku guru. Berdasarkan temuan awal tersebut peneliti menduga adanya ketidaksesuaian lain dalam buku tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian buku guru dan buku siswa tema Sehat itu Penting pada Kurikulum 2013 di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis ini. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku guru dan buku siswa kelas V tema 4 Sehat itu Penting yang terdiri dari 3 subtema. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman analisis kesesuaian materi dalam buku siswa dengan kompetensi dasar dalam buku guru kesesuaian kegiatan belajar dalam buku siswa dengan tujuan pembelajaran dalam buku guru dan kesesuaian kegiatan penilaian pada buku siswa dengan hasil yang diharapkan dalam buku guru. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut. Pertama materi yang sesuai dengan KD sebanyak 86 butir tidak sesuai sebanyak 34 dari total 120 butir dengan demikian dapat dikatakan materi dan KD dalam buku guru dan buku siswa tema Sehat itu Penting cukup sesuai. Kedua kegiatan belajar dalam buku siswa dengan tujuan pembelajaran dalam buku guru dilihat dari aspek relevansi yaitu sebanyak 42 dinyatakan tidak sesuai 68 butir dinyatakan sesuai dari total 110 tujuan dengan demikian kegiatan belajar dan tujuan pembelajaran dalam buku guru dan buku siswa tema Sehat itu Penting dilihat dari aspek relevansi dapat dikatakan cukup sesuai. Dilihat dari aspek keterukuran sebanyak 41 tujuan pembelajaran dinyatakan tidak sesuai 69 dinyatakan sesuai dari total 110 tujuan dengan demikian kegiatan belajar dan tujuan pembelajaran dalam buku guru dan buku siswa tema Sehat itu Penting dilihat dari aspek keterukuran dapat dikatakan cukup sesuai. Kemudian dilihat dari aspek kelengkapan sebanyak 110 tujuan dinyatakan tidak sesuai dengan kegiatan belajar dan 0 tujuan dinyatakan sesuai dengan demikian kegiatan belajar dan tujuan pembelajaran dalam buku guru dan buku siswa tema Sehat itu Penting dilihat dari aspek kelengkapan dapat dikatakan sangat tidak sesuai. Ketiga ksesuaian kegiatan penilaian dalam buku siswa dengan hasil yang diharapkan dalam buku guru sebanyak 52 butir dinyatakan sesuai dan yang tidak sesuai sebanyak 27 butir dari total 79 kegiatan penilaian dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan penilaian dan hasil yang diharapkan dalam buku siswa dan buku guru tema Sehat itu Penting cukup sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6830 |
Actions (login required)
View Item |