Analisis pelaksanaan pembelajaran K-13 subtema hebatnya cita-citaku pada kelas IV di SDN Sananwetan 1 Kota Blitar / Faridatul Lailin

Lailin, Faridatul (2018) Analisis pelaksanaan pembelajaran K-13 subtema hebatnya cita-citaku pada kelas IV di SDN Sananwetan 1 Kota Blitar / Faridatul Lailin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lailin Faridatul. 2018. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran K-13 Subtema Hebatnya Cita-Citaku pada Kelas IV di SDN Sananwetan 1 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd M.Pd. (II) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. Kata Kunci RPP pelaksanaan pembelajaran kurikulm 2013 Implementasi Kurikulum 2013 upaya meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih baik. Guru memiliki peranan penting dalam mengimplementasikan kurikulum keberhasilan kurikulum bergantung pada aktivitas dan kreativitas guru dalam mengembangkan dan merealisasikan kurikulum. Guru dituntut mampu me-laksanakan pembelajaran sesuai dengan standar proses pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 dari merancang RPP sampai pelaksanaan pembelajaran. SDN Sananwetan 1 Kota Blitar telah menerapkan Kurikulum 2013. SD tersebut memiliki sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran Kurikulum 2013. Hasil wawancara peneliti bersama guru wali kelas IV diperoleh bahwa guru me-nyusun RPP secara berkelompok dalam KKG. Guru mengalami kesulitan dalam penguasaan teknologi untuk mendesain pembelajaran. Penelitian dilakukan secara mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran K-13 Subtema Hebatnya Cita-Citaku pada Kelas IV di SDN Sananwetan 1 Kota Blitar. Tujuan penelitian mendeskripsikan komponen RPP dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu peneliti sebagai instrumen wawancara observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa instrumen analisis. Hasil penelitian komponen RPP mencapai 77 24% termasuk kategori baik. Tetapi dalam RPP guru belum merumuskan indikator pencapaian kompetensi (IPK) dan tujuan pembelajaran yang belum dirumuskan secara lengkap. Pelaksa-naan pembelajaran mencapai 77 65% termasuk kategori baik. Guru melakukan kegiatan menyiapkan fisik dan psikis siswa menyampaikan tujuan pembelajaran serta melakukan apersepsi. Tetapi guru belum memberi motivasi belajar sesuai dengan aplikasi materi dalam kehidupan siswa. Guru menggunakan teknik pembelajaran dalam menyampaikan materi penggunaan media belum pada setiap pembelajaran. Kegiatan penutup guru telah membuat rangkuman memberikan umpan balik tindak lanjut serta menginformasikan kegiatan selanjutnya. Saran yang diberikan bagi guru hendaknya dalam RPP merumuskan IPK dan tujuan pembelajaran dirumuskan secara lengkap. Pada pelaksanaan pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan motivasi belajar sesuai dengan aplikasi materi pembelajaran dalam kehidupan siswa dan menggunakan media dalam penyampaian materi. Selanjutnya bagi pihak sekolah hendaknya memberikan bimbingan kepada guru dalam penyusunan RPP dan melakukan supervisi dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6829

Actions (login required)

View Item View Item