Analisis kemampuan siswa kelas IV dalam menemukan kesalahan penulisan ejaan pada karangan di SDN Tamanharjo 3 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Febrina Debby Anggraeni

Anggraeni, Febrina Debby (2018) Analisis kemampuan siswa kelas IV dalam menemukan kesalahan penulisan ejaan pada karangan di SDN Tamanharjo 3 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Febrina Debby Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Anggraeni, Febrina Debby. 2018. Analisis Kemampuan Siswa Kelas IV dalam Menemukan Kesalahan Penulisan Ejaan Pada Karangan di SDN Tamanharjo 3 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Achmad Taufiq, M.Pd, (II) Muchtar, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Analisis Kemampuan Siswa, Kesalahan Penulisan Ejaan, Sekolah Dasar Ejaan merupakan aturan yang harus diterapkan dalam sebuah tulisan. Aturan penulisan ini diatur dalam Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). EBI memuat berbagai aturan penulisan yang harus dipatuhi, termasuk aturan penulisan huruf kapital dan tanda baca. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Tamanharjo 3 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang pada tanggal 8 Februari 2018, terdapat siswa yang masih salah dalam menuliskan ejaan yang meliputi huruf kapital dan tanda baca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menemukan kesalahan penulisan ejaan. Ejaan yang dimaksudkan yaitu huruf kapital dan tanda baca. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pendekatan dan jenis penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya tentang kemampuan siswa dalam menemukan kesalahan penulisan ejaan. Data dalam penelitian ini meliputi kesalahan penulisan ejaan yang ditemukan oleh siswa dalam tes karangan. Kesalahan penulisan ejaan dibagi menjadi 2 yaitu, variabel huruf kapital dan variabel tanda baca yang masing-masing memiliki indikator. Hasil dari penelitian ini: dari 30 siswa yang mengikuti tes, pada variabel huruf kapital jumlah siswa yang salah pada indikator a huruf pertama awal kata dalam kalimat (2 siswa) , b huruf pertama setiap unsur nama orang (0 siswa), c huruf pertama petikan langsung (9 siswa), d pada huruf pertama setiap kata nama agama, kitab suci dan Tuhan, termasuk sebutan atau kata ganti untuk Tuhan (3 siswa), e huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa (6 siswa), f huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari besar atau hari raya dan pada unsur nama peristiwa sejarah (8 siswa), g huruf pertama nama geografi (7 siswa), dan h huruf pertama kata penunjuk kekerabatan yang dipakai dalam penyapaan atau pengacuan (14 siswa). Pada variabel tanda baca titik (.) indikator a (11 siswa), b (13 siswa), dan c (13 siswa); tanda baca koma (,) indikator a (24 siswa), b (23 siswa), c (25 siswa), dan d (28 siswa); tanda baca hubung (-) indikator a (11 siswa) dan b (22 siswa); tada baca tanya (?) indikator a (25 siswa); tanda baca seru (!) indikator a (22 siswa); dan tanda baca petik (ÔÇ£...ÔÇØ) indikator a (25 siswa). Dari penelitian ini diharapkan guru dapat memperhatikan kemampuan siswa dalam menuliskan ejaan termasuk huruf kapital dan tanda baca. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat menambahkan aspek yang akan diteliti untuk mengetahui kemampuan siswa tentang penulisan ejaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6828

Actions (login required)

View Item View Item