Analisis persepsi guru terhadap implementasi kurikulum 2013 di SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Rahma Nuril Aimah

Aimah, Rahma Nuril (2018) Analisis persepsi guru terhadap implementasi kurikulum 2013 di SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Rahma Nuril Aimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aimah, Rahma Nuril. 2018. Analisis Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Rochani, S.Pd., M.Pd., (II) Suminah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: analisis, persepsi , guru, kurikulum 2013 Kurikulum 2013 merupakan tindak lanjut dari kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Berdasarkan hasil studi pendahuluan, SDN Bendogerit 2 Kota Blitar mulai mengimplementasikan kurikulum 2013 pada semester 2, tahun ajaran 2015/2016 kemudian kembali pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada semester 1 tahun ajaran 2016/2017 dan mulai mengimplementasikan kurikulum 2013 kembali pada semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Kepala sekolah SDN Bendogerit 2 menyatakan bahwa implementasi kurikulum 2013 masih 50%. Kelas yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013 sampai saat ini adalah kelas 1, kelas 2, kelas 4, dan kelas 5. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Kisi-kisi yang digunakan dalam menyusun acuan menganalisis persepsi guru terhadap implementasi kurikulum 2013 adalah standar nasional pendidikan. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah soal tes objektif berjumlah 42 soal dan wawancara. Hasil analisis persepsi guru terhadap implementasi kurikulum 2013 di SDN Bendogerit 2 Kota Blitar berupa teks deskriptif. Berdasarsarkan hasil uji validitas diperoleh 42 soal yang memiliki nilai validitas diatas 0,30, sedangkan pada hasil reliabilitas mendapatkan nilai 1,18. Sedangkan hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa persepsi guru secara umum mendapatkan nilai rata-rata 67,13 dengan kategori cukup. Sedengkan hasil penelitian secara khusus diuraikan pada tiap-tiap standar, pada standar kompetensi lulusan memiliki rata-rata nilai 100 dengan kategori sangat baik, pada standar kompetensi isi memiliki rata-rata 45,00 dengan kategori kurang, pada standar proses pendidikan dasar dan menengah memiliki rata-rata 78,80 dengan kategori cukup, pada standar penilaian pendidikan memiliki rata-rata 68,00 dengan kategori cukup, pada standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru mendapatkan rata-rata 70,00 dengan kategori cukup, pada standar pengelolaan pendidikan oleh satuan pendidikan dasar mendapatkan rata-rata 64,00 dengan kategori kurang, pada standar sarana dan prasarana mendapatkan rata-rata 68,00 dengan kategori cukup, pada standar biaya operasionalia mendapatkan rata-rata 00,00 dengan kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa lama waktu dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 mejadi salah satu faktor persepsi guru di SDN Bendogerit 2 Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6827

Actions (login required)

View Item View Item