Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa SD kelas II tema 5 Pengalamanku terbitan Kemendikbud 2017 / Rizka Aprilia

Aprilia, Rizka (2018) Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa SD kelas II tema 5 Pengalamanku terbitan Kemendikbud 2017 / Rizka Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aprilia, Rizka. 2018. Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Siswa SD Kelas II Tema 5 Pengalamanku Terbitan Kemendikbud 2017. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Siti Umayaroh, S.Pd, M.Pd., (II) Dra. Nur Hanifah, M.Pd. Kata Kunci: Nilai Karakter, Bahan Ajar, Buku Siswa Nilai karakter dapat diimplementasikan dalam buku ajar. Banyak kasus buku ajar yang tidak mendidik yang ada di lingkungan sekolah. Buku ajar seharusnya memuat materi pembelajaran yang menjadi pedoman siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Buku ajar salah satunya berupa buku siswa kelas II Tema 5 Pengalamanku terbitan Kemendikbud 2017 yang merupakan revisi dan digunakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan nilai karakter yang termuat dalam bagian wacana, petunjuk kegiatan/kerja, tagihan kerja/latihan buku siswa SD kelas II tema 5 Pengalamanku terbitan Kemendikbud 2017. Penelitian ini didesain menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dan peneliti sebagai pelaksana penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari buku siswa kelas II Tema 5 Pengalamanku terbitan kemendikbud edisi revisi 2017. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data dan mencatat data yang sudah ada dengan membuat instrumen dan variabel. Analisis data dalam penelitian ini difokuskan pada menganalisis 18 nilai-nilai karakter dari Kemendiknas (2010) yang termuat pada bagian wacana, petunjuk kegiatan/kerja, tagihan kerja/latihan, dan evaluasi Buku Siswa Kelas II Tema 5 Pengalamanku Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Buku Siswa SD Kelas II Tema 5 Pengalamanku Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017 sudah sesuai karena memuat nilai-nilai karakter. Dari 201 temuan muatan nilai karakter pada buku siswa kelas II Tema Pengalamanku, bagian wacana memuat sebanyak l25 muatan, bagian petunjuk kegiatan/kerja memuat sebanyak 70 muatan, dan tagihan kerja/latihan memuat sebanyak 6 muatan. Dari 18 nilai karakter yang tersebar dalam seluruh bagian buku siswa, bagian wacana memuat 14 nilai karakter, bagian petunjuk kegiatan/kerja memuat 7 nilai karakter, dan bagian tagihan kerja/latihan memuat 3 nilai karakter. Nilai karakter yang tidak muncul dalam seluruh bagian buku yaitu nilai karakter kerja keras dan gemar membaca. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan, seharusnya pada bagian wacana, petunjuk kegiatan/kerja, tagihan kerja/latihan memuat 18 nilai karakter secara menyeluruh. Nilai karakter yang ada harus merata pada setiap bagian buku siswa SD kelas II tema 5 Pengalamanku terbitan Kemendikbud 2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6826

Actions (login required)

View Item View Item