Analisis Teks Sastra Berdasarkan Kriteria SMOG dan PIRLS pada Buku Siswa Kelas IV SD Semester 2 / Mis'an Wakhid Nur Setya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Teks Sastra Berdasarkan Kriteria SMOG dan PIRLS pada Buku Siswa Kelas IV SD Semester 2 / Mis'an Wakhid Nur Setya

Setya, Mis'an Wakhid Nur (2018) Analisis Teks Sastra Berdasarkan Kriteria SMOG dan PIRLS pada Buku Siswa Kelas IV SD Semester 2 / Mis'an Wakhid Nur Setya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setya Mis an Wakhid Nur. 2018. Analisis Teks Sastra Berdasarkan Kriteria SMOG dan PIRLS pada Buku Siswa Kelas IV SD Semester 2. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata Kunci Teks Sastra SMOG PIRLS Teks merupakan media atau cara yang dilakukan seseorang guna menungkapkan peristiwa atau kejadian dengan komunikatif. Teks sastra untuk anak SD termasuk kategori sastra anak dikarenakan usia anak SD termasuk usia anak. Sastra anak adalah karya imajinatif dalam bentuk bahasa yang berisi pengalaman perasaan dan pikiran anak yang khusus ditunjukkan bagi anak-anak ditulis oleh pengarang anak-anak maupun dewasa. Formula yang memungkinkan digunakan untuk menakar keterbacaan teks sastra adalah SMOG (Simple Measure of Gobbledygook). Sedangkan PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) untuk mengetahui tingkat kemampuan anak SD dalam membaca dan memahami sebuah teks bacaan. Penelitian difokuskan pada tingkat keterbacaan berdasarkan kriteria SMOG dan tingkat pertanyaannya berdasarkan kriteria PIRLS. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dalam meneliti mengamati dan menganalisis buku siswa kelas IV SD Semester 2. Hasil penelitian berupa data yang berbentuk tabel dan dijabarkan berupa kalimat deskriptif. Kriteria keterbacaan SMOG yaitu tingkat usia anak kelas IV SD 10 tahun sedangkan tingkat pertanyaan PIRLS yaitu berdasarkan Low Intermediate High dan Advance.Di dalam buku siswa kelas IV Semester 2 Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 terdapat 28 teks sastra peneliti menemukan tidak ada teks sastra yang sesuai atau hanya 0% teks sastra yang sesuai dengan keterbacaan kriteria SMOG usia paling rendah di tingkat keterbacaan pada kriteria SMOG berada pada usia 11 tahun dan pada usia paling tinggi yaitu usia 15 tahun sedangkan usia keterbacaan untuk anak kelas IV SD adalah 10 tahun. Sementara ditemukan 4 teks sastra pertanyaannya sesuai berdasarkan kriteria PIRLS namun belum ideal dengan taraf Low 20% Intermediate 30% High 30% dan Advance 20%. Saran diberikan bagi pihak terkait yang membuat maupun memakai buku siswa kelas IV SD semester 2 yaitu bagi penyusun buku dan guru hendaknya dilihat terlebih dahulu teks sastra yang sesuai. Memilih dan memilah teks sastra yang sesuai dengan SMOG dan PIRLS menjadi sebuah alternatif menjadikan buku yang baik dan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa khususnya untuk kelas IV SD semester 2. Bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti di buku siswa kelas dan semester lainnya untuk dapat mengetahui kekurangan dan memberi saran lagi untuk memperbaiki buku guna memberikan kualitas buku tersebut agar lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item View Item