Analisis kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai moral pada dongeng kelas IV SDN 1 Sidokumpul Gresik / Yashinta Cinta Iranjani

Iranjani, Yashinta Cinta (2018) Analisis kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai moral pada dongeng kelas IV SDN 1 Sidokumpul Gresik / Yashinta Cinta Iranjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Iranjani, Yashinta Cinta. 2018. Analisis Kemampuan Siswa dalam Menemukan Nilai-nilai Moral Pada Dongeng Kelas IV SDN 1 Sidokumpul Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sutarno, M.Pd, Pembimbing (II) Drs. M. Imron Rosyadi, H.Sy, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Kemampuan siswa, Nilai-nilai moral, Dongeng, Sekolah Dasar. Dongeng merupakan salah satu budaya rakyat Indonesia yang harus dilestarikan. Dongeng banyak mengandung nilai-nilai moral, sehingga dapat membantu siswa dalam memahami suatu definisi dan konsep nilai moral. Moral adalah hal utama yang harus dibangun terlebih dahulu sejak SD agar dapat membangun siswa menjadi seseorang yang bermoral. Melalui kegiatan berlatih mengidentifikasi isi dongeng, siswa dapat menemukan nilai-nilai moral yang terdapat pada dongeng. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan, yaitu (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Sidokumpul Gresik dalam mengidentifikasi isi dongeng dan (2) menganalisis kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Sidokumpul Gresik dalam menemukan nilai-nilai moral pada dongeng. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian ini data dipaparkan dalam bentuk persentase tentang kemampuan siswa menemukan nilai-nilai moral pada dongeng kemudian dideskripsikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara dan pemberian tes tertulis. Peneliti menggunakan teknik statistik deskriptif dalam menganalisis data tentang kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai moral pada dongeng. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan sampel sebanyak 60 siswa kelas IV SDN 1 Sidokumpul Gresik peneliti memperoleh hasil sebagai berikut. Kemampuan rata-rata siswa dalam mengidentifikasi isi dongeng sebesar 20% siswa masuk kriteria sangat tuntas, sebesar 60,84% masuk kriteria tuntas, sebesar 18,34% masuk kriteria cukup tuntas dan sebesar 0,82% siswa masuk kriteria kurang tuntas. Kemampuan rata-rata siswa dalam menemukan nilai-nilai moral yang terdapat pada dongeng sebesar 3,34% mampu menemukan 1 nilai moral, sebesar 7,50% mampu menemukan 2 nilai moral, sebesar 20,84% mampu menemukan 3 nilai moral, sebesar 36,67% mampu menemukan 4 nilai moral, sebesar 17,50% mampu menemukan 5 nilai moral, sebesar 6,64% mampu menemukan 6 nilai moral, sebesar 2,50% mampu menemukan 7 nilai moral, sebesar 1,67% mampu menemukan 8 nilai moral, sebesar 1,67% mampu menemukan 9 nilai moral, dan sebesar 1,67% mampu menemukan 10 nilai moral. Dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata siswa mampu mengidentifikasi isi dongeng dengan kriteria tuntas dan rata-rata siswa mampu menemukan 3-5 nilai moral pada dongeng. Disarakan agar guru memilih dongeng yang sesuai dengan tema, serta dongeng yang memiliki kandungan variasi nilai moral yang ditonjolkan terdiri 3-5 nilai moral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6824

Actions (login required)

View Item View Item