Kemampuan memahami unsur intrinsik dongeng sisa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Safrina Putri Islami

Islami, Safrina Putri (2018) Kemampuan memahami unsur intrinsik dongeng sisa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Safrina Putri Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Islami, Safrina Putri. 2018. Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Dongeng Siswa Kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muhana Gipayana, M.Pd., (II) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Unsur Intrinsik, dan Dongeng Pembelajaran bahasa di SD, yaitu mengapresiasi sastra anak dalam bentuk memahami unsur intrinsik dongeng. Dari hasil wawancara dengan guru kelas IV siswa mengalami kesulitan dalam memahami tema dan amanat dongeng. Berdasarkan observasi awal di kelas IV SDN Glanggang 2 ditemukan banyak siswa kurang memahami tema dan alur dongeng. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan dalam memahami unsur intrinsik dongeng yang meliputi tema, tokoh, sifat tokoh, latar, alur, sudut pandang, dan amanat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan terdiri dari 94 siswa dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara dan tes tertulis untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik dongeng berjudul ÔÇ£Batu MenangisÔÇØ. Hasil penelitian menunjukkan siswa gagal dalam memahami tema dongeng yaitu sebanyak 29 siswa atau 31%. Kemampuan siswa menentukan tokoh dongeng berada pada kriteria baik yaitu sebanyak 42 siswa atau 45%.Kemampuan siswa menentukan sifat tokoh dongeng berada pada kriteria baik sekali yaitu sebanyak 34 siswa atau 36%. Kemampuan siswa menentukan latar dongeng berada pada kriteria baik sekali dengan rincian sebanyak 35 siswa atau 37%. Kemampuan siswa memahami alur pada dongeng berada dalam kriteria baik dengan rincian sebanyak 27 siswa atau 29 %. Kemampuan siswa menentukan sudut pandang pada dongeng berada dalam kriteria gagal dengan rincian sebanyak 42 siswa atau 44%. Kemampuan siswa memahami amanat pada dongeng berada dalam kriteria cukup dengan rincian sebanyak 27 siswa atau 29%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa (1) kemampuan siswa memahami tema dongeng tergolong gagal, (2) kemampuan siswa menentukan tokoh dongeng tergolong baik, (3) kemampuan siswa menentukan sifat tokoh dongeng tergolong baik sekali, (4) kemampuan siswa menentukan latar dongeng tergolong baik sekali, (5) kemampuan siswa memahami alur dongeng tergolong baik, (6) kemampuan siswa menentukan sudut pandang dongeng tergolong gagal, (7) kemampuan siswa memahami amanat tergolong cukup. Dengan demikian kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik dongeng tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru dapat menambah buku bacaan dongeng agar siswa dapat berlatih dalam memahami unsur intrinsik dongeng. Selain itu, bagi peneliti lain diharapkan dapat menjadi bahan rujukan untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item