Meningkatkan keterampilan menulis surat undangan melalui strategi guided writing pada kelas V SDN Kedawung 1 Kabupaten Blitar / Ulfa Laelatul Fitriah

Fitriah, Ulfa Laelatul (2018) Meningkatkan keterampilan menulis surat undangan melalui strategi guided writing pada kelas V SDN Kedawung 1 Kabupaten Blitar / Ulfa Laelatul Fitriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Fitriah, Ulfa Laelatul. 2018. Menigkatkan Keterampilan Menulis Surat Undangan Resmi Melalui Strategi Guided Writing Pada Kelas V SDN Kedawung 1 Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing: (I) Drs. Suhel Madyono, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Alif Mudiono, M.Pd. Kata Kunci : meningkatkan, keterampilan menulis, surat undangan resmi, strategi guided writing. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Kedawung 1 Kabupaten Blitar ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis surat undangan resmi. Dalam pelaksanaannya guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, guru tidak menggunakan strategi pembelajaran, guru tidak menggunakan model pembelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran, dan siswa hanya diberikan tugas tanpa mendapatkan pengarahan dan bimbingan. Akibatnya siswa kesulitan menyebutkan komponen surat undangan resmi dengan lengkap dan menyusun kalimat efektif pada penulisan. Serta kesulitan dalam penggunaan penulisan huruf kapital dan penggunaan tanda baca. Sehingga nilai ketuntasan keterampilan menulis siswa masih rendah. Hanya terdapat terdapat 10 siswa yang memenuhi nilai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) dengan persentase ketercapaian 33,33%. Siswa yang belum memenuhi KKM ada 20 dengan persentase ketercapaian 66,66%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan penigkatan keterampilan menulis surat undangan resmi melalui strategi guided writing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi guided writing dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 83,54% dan pada siklus II meningkat menjadi 95,23%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81,27% dan meningkat menjadi 95,23% pada siklus II. Keterampilan menulis surat undangan resmi juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 70,41 dengan persentase ketuntasan 61,66%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 83,95 dengan persentase ketuntasan 89,99%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi guided writing dapat meningkatkan keterampilan menulis surat undangan resmi, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Oleh karena itu hendaknya guru menggunakan strategi guided writing sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. vii SUMMARY Fitriah, Ulfa Laelatul. 2018. Improve The Skills Of Writing Official Letters Skills Through Guided Writing Strategies On Class V SDN Kedawung 1 Blitar Regency. Bachelor Thesis. Pre School and Elementary School Department. Faculty of Education. Advisors : (I) Drs. Suhel Madyono, S.Pd, M.Pd., (II) Dr. Alif Mudiono, M.Pd. Keywords: improving, writing skills, official invitation letters, guided writing strategies. Based on the results of observations and interviews conducted at SDN Kedawung 1 Kabupaten Blitar found problems in learning to write a letter of official invitation. In practice teachers only use lecture methods and assignments, teachers do not use learning strategies, teachers do not use learning models, teachers do not use instructional media, and students are given only tasks without getting direction and guidance. As a result students have difficulty mentioning components of official invitation letter completely and compose effective sentences on writing. As well as difficulty in the use of capitalization and the use of punctuation. So the scores of students' writing skill is still low. There are only 10 students who meet the Minimum Criteria Completeness score (KKM) with a percentage of achievement of 33.33%. Students who have not met the KKM are 20 with the percentage of achievement of 66.66%. This study aims to describe the application and penigkatan skills to write official invitation letter through guided writing strategy. This research uses qualitative approach with Classroom Action Research type (PTK). The study was conducted in 2 cycles of meetings. Each cycle is carried out with stages of planning, execution, observation (observation), and reflection. Data were collected using interview technique, observation, test, documentation, and field notes. The subjects of the study were students of grade V, which amounted to 30 students. Data analysis used include data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the implementation of guided writing strategy can improve teacher activity and student activity. In the first cycle, the percentage of teacher activity was 83.54% and in the second cycle increased to 95.23%. Percentage of student activity in cycle I was 81,27% and increased to 95,23% in cycle II. The skills of writing official invitation letters also show improvement. In cycle I the average student score of 70.41 with a percentage of 61.66% mastery. In the second cycle the average student score increased to 83.95 with the percentage of completeness 89.99%. Based on the results of the research shows that the implementation of guided writing strategy can improve the skills of writing official invitation letter, student activity, and teacher activity. Therefore, teachers should use guided writing strategy as an alternative to improve students' writing skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6821

Actions (login required)

View Item View Item