Humaida, Alina (2018) Analisis Buku Teks Matematika Kelas IV Berdasarkan Muatan Literasi / Alina Humaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Humaida Alina. 2018. Analisis Buku Teks Matematika Kelas IV Berdasarkan Muatan Literasi. Skripsi Prodi S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. (II) Drs. H. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci buku teks matematika sekolah dasar literasi matematika pisa Hasil PISA menunjukkan hasil bahwa literasi matematika siswa Indonesia masih rendah. Hal ini disebabkan karena berbagai hal salah satunya sumber belajar di sekolah. Sumber belajar di sekolah umumnya adalah buku. Berdasarkan hasil wawancara di SDN Bendosari 1 Kecamatan Sanankulon Buku Dunia Matematika untuk Kelas IV SD dan MI direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar. Penelitian terhadap buku teks tersebut perlu dilakukan dengan tujuan mengetahui komponen literasi matematika di dalamnya. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Sumber data penelitian adalah buku Dunia Matematika untuk Kelas IV SD dan MI dari penulis Indriyastuti. Data penelitian adalah hasil pencatatan dari soal cerita pada buku teks matematika berdasarkan muatan literasi. Tahap analisis data penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kredibilitas dan kebenaran hasil temuan dilakukan dengan triangulasi sumber yaitu (1) buku teks Dunia Matematika untuk Kelas IV SD dan MI (2) buku PISA 2015 Assessment and Analytical Framework dan (3) arahan dari dosen pembimbing. Hasil penelitian memaparkan bahwa buku teks ini memiliki 227 soal cerita. Soal cerita yang memenuhi komponen literasi matematika sebanyak 194 soal dengan persentase 85 46%. Sisanya 33 soal cerita belum memenuhi komponen literasi matematika dengan persentase 14 54%. Ditinjau dari penelitian Murdaningsih bahwa terdapat kesamaan hasil penelitian yaitu komponen proses yang memiliki jumlah terbanyak adalah proses menggunakan konsep fakta prosedur dan penalaran. Sedangkan penelitian Nuraini dari keseluruhan 448 soal hanya 155 butir soal (34 60%) yang sesuai dengan model PISA. Hasil analisis penelitian ini mempunyai hasil yang lebih baik dari hasil penelitian Nuraini pada buku teks matematika jenjang SMP/MTs. Persentase soal cerita yang memenuhi komponen literasi matematika cukup tinggi sehingga buku teks Dunia Matematika mendukung literasi matematika. Penelitian ini bertujuan melengkapi penelitian sebelumnya menjadi kajian tambahan dan menjadi motivasi perbaikan pada soal-soal cerita yang belum memenuhi komponen literasi matematika. Diharapkan guru untuk mengembangkan dan menyempurnakan soal cerita sesuai komponen literasi matematika PISA. Apabila di kemudian hari terdapat soal cerita dalam buku yang belum memenuhi komponen literasi matematika dapat disempurnakan guna mendukung kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6820 |
Actions (login required)
View Item |