Analisis keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Siti Isnaini Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Siti Isnaini Masruroh

Masruroh, Siti Isnaini (2018) Analisis keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Siti Isnaini Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masruroh Siti Isnaini. 2014. Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Karangan Deskripsi Keterampilan Menulis Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Hasil observasi peneliti kepada siswa kelas V yang diambil sebagai sampel menunjukkan bahwa dalam karangan deskripsinya terdapat ketidaksesuaian isi karangan dengan judul penulisan huruf kapital dan tanda baca. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan analisis keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V. Tujuannya untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menulis deskripsi yang difokuskan pada kesesuaian isi tulisan dengan judul kesesuaian penggunaan huruf kapital dan kesesuaian penggunaan tanda baca yang difokuskan pada tanda koma ( ) tanda titik (.) dan tanda hubung (-) berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kata deskripsi berasal dari bahasa Latin describere yang berarti menggambarkan suatu hal. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kuantitatif deskripstif. Penelitian ini mengolah data melalui hasil karangan deskripsi siswa kelas V yang difokuskan pada kesesuaian isi karangan dengan judul penggunaan huruf kapital serta penggunaan tanda baca (titik koma dan hubung) dengan menggunakan skor dan persentase yang kemudian dimasukkan dalam beberapa kategori selanjutnya hasil akhir disajikan dalam grafik batang. SDN Gugus 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang terdiri dari 4 SDN yaitu SDN Cemorokandang SDN Cemorokandang 2 SDN Cemorokandang dan SDN Cemorokandang 4. Berdasarkan data dari hasil analisis diperoleh data sebagai berikut (1) kesesuaian isi karangan dengan judul dalam karangan deskripsi siswa memperoleh persentase 40% termasuk dalam kategori D yang artinya kurang. Dikarenakan tidak sesuainya antara ide pokok dan ide penjelas dalam setiap paragraf (2) penggunaan huruf kapital memperoleh persentase 52% termasuk dalam kategori D yang artinya kurang (3) penggunaan tanda memperoleh persentase 82% termasuk kategori A yang artinya sangat baik (4) penggunaan tanda koma yaitu 65% termasuk dalam kategori C yang artinya cukup (5) penggunaan tanda hubung memperoleh persentase 88% termasuk dalam kategori A yang artinya sangat baik. Hasil analisis ini dapat dijadikan untuk membantu siswa dalam belajar khususnya keterampilan menulis membantu mengembangkan dan mengkomunikasikan daya imajinatif melalui keterampilan menulis deskripsi. Serta sebagai referensi untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa sehingga dalam pembelajaran guru dapat menemukan hal-hal yang perlu ditekankan dalam perbaikan. 1

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6818

Actions (login required)

View Item View Item