Implementasi tahap pengembangan pada Gerakan Literasi Sekolah terhadap kreativitas dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Pisangcandi 1 Kota Malang / Febryandini Inggit Dewantari

Dewantari, Febryandini Inggit (2018) Implementasi tahap pengembangan pada Gerakan Literasi Sekolah terhadap kreativitas dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Pisangcandi 1 Kota Malang / Febryandini Inggit Dewantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewantari, Febryandini Inggit. 2018. Implementasi Tahap Pengembangan Pada Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Kreativitas dan Kemampuan Membaca Pemahaman di SDN Pisangcandi 1 Kota Malang, Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sutarno, M.Pd., (II) Drs. Sumanto, M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan literasi, Kreativitas, Membaca siswa Membaca memiliki peran penting dalam kehidupan. Pada tahun 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui peraturan pemerintah mencanangkan sebuah gerakan literasi sekolah. Gerakan literasi adalah upaya untuk menumbuhkan kegiatan membaca. Gerakan literasi sekolah dilakukan dengan tahapan-tahapan. Salah satunya yaitu tahap pengembangan tidak dilakukan dengan membaca namun mengembangkan yang telah dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi tahap pengembangan gerakan literasi yang akan berpengaruh terhadap kreativitas guru, kreativitas siswa dan akan membuat siswa SDN Pisangcandi 1 Kota Malang menjadi lebih mudah untuk memahami suatu bacaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Pendekatan dan jenis penelitian dipilih karena penelitian menggambarkan tentang implementasi tahap pengembangan gerakan literasi, kreativitas guru, kreativitas siswa dan kemampuan membaca pemahaman pada kelas V di SDN Pisangcandi 1 Kota Malang. Hasil analisis menunjukkan secara keseluruhan bahwa implementasi tahap pengembangan gerakan literasi dikelas V dilaksanakan setiap hari dengan membaca mandiri dan kemudian mensinopsiskan bacaan yang telah dibaca. Sekolah mempunyai program literasi sendiri pada hari kamis dan sabtu. Kreativitas guru sudah terlihat dengan dengan cara guru memotivasi siswa dengan cara memberikan contoh cara membacakan cerita dengan suara lantang, mampu memperagakan tokoh dalam cerita yang membuat siswa menjadi bersemangat dalam membaca dan membuat siswa yang semula ramai menjadi tenang karena fokus terhadap guru. Siswa kreatif dengan karya yang dibuat berupa sinopsis dari cerita yang telah dibaca siswa yang dibuat kedalam reading record, reading record tersebut dihias dengan hiasan-hiasan dan tampilan menarik sesuai dengan keinginan siswa. Pemahaman siswa dalam membaca menunjukkan pemahaman yang cukup baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut diharapkan pada implementasi tahap pengembangan gerakan literasi sekolah, kreativitas siswa, dan guru menjadi meningkat dan pemahaman siswa dalam membaca juga dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6815

Actions (login required)

View Item View Item