Pemanfaatan Museum Brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Mulyorejo I Kota Malang / Mega Jihani Aditia

Aditia, Mega Jihani (2018) Pemanfaatan Museum Brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Mulyorejo I Kota Malang / Mega Jihani Aditia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aditia, Mega Jihani. 2018. Pemanfaatan Museum Brawijaya sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN Mulyorejo I Kota Malang. Skripsi, Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra.Murtiningsih, M. Pd, (II) Drs. Syaiful Imam, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: Museum Brawijaya, Sumber Belajar, Pembelajaran IPS. Pemilihan sumber belajar harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Sumber belajar bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah berupa museum. Museum Brawijaya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS karena memuat kajian ilmu sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pemanfaatan Museum Brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Mulyorejo I Kota Malang, (2) Apa saja kesulitan yang terdapat dalam pemanfaatan Museum Brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Mulyorejo 1 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran di luar kelas dengan memanfaatan Museum Brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Mulyorejo I Kota Malang. Data diperoleh dari guru dan siswa kelas IV SDN Mulyorejo I Kota Malang. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan ketekunan/ keajegan dalam pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa (1) Museum Brawijaya dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS khususnya materi sejarah perjuangan pahlawan Indonesia dalam masa sebelum kemerdekaan, setelah kemerdekaan, dan pada masa reformasi. Dalam pemanfaatannya Museum Brawijaya dapat memberikan variasi pada guru dalam pembelajaran IPS, dan meningkatkan motivasi belajar siswa, serta meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. (2) Kesulitan dalam memanfaatkan Museum Brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS yaitu dalam mengkondisikan siswa saat melakukan pengamatan di museum dan penjelasan tour guide yang terlalu cepat sehingga membuat siswa kurang dapat memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6814

Actions (login required)

View Item View Item