Peningkatan hasil belajar mengidentifikasi sumber daya alam melalui model kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV SDN 1 Wonorejo Kabupaten Tulungagung / Riantika Arian Dewi

Dewi, Riantika Arian (2018) Peningkatan hasil belajar mengidentifikasi sumber daya alam melalui model kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV SDN 1 Wonorejo Kabupaten Tulungagung / Riantika Arian Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Dewi, Riantika Arian. 2018. Peningkatan Hasil Mengidentifikasi Sumber Daya Alam melalui Model Kooperatif Tipe Talking Stick pada Kelas IV SDN 1 Wonorejo Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sutansi, M.Pd, (II) Suminah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Talking Stick Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Wonorejo Kabupaten Tulungagung diketahui bahwa terdapat permasalahan sebagai berikut. (1) hasil belajar siswa muatan IPS masih rendah, ditunjukkan dengan 33 siswa atau 87% siswa kelas IV tidak tuntas belajar, kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 72, (2) siswa kurang aktif dan bersemangat mengikuti pembelaja-ran, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang hanya diam dan sebagian siswa ramai sendiri selama proses pembelajaran berlangsung, (3) guru tidak mem-bentuk kelompok dalam pengelolaan kelas, (4) guru tidak menggunakan media ataupun model pembelajaran yang dapat menujang keberhasilan pembelajaran sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, (5) guru tidak membuat RPP sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Sebagai upaya memperbaiki keadaan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Talking Stick pada materi SDA di kelas IV SDN 1 Wonorejo Kabupaten Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, pada siklus I dan II persentase aktivitas guru sebesar 100% dengan predikat sangat baik. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 85,5% dengan predikat baik meningkat menjadi 93,5% pada siklus II dengan predikat sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada materi SDA juga meningkat, pada tahap pratindakan nilai rata-rata hanya mencapai 62 dengan ketuntasan belajar klasikal 13% dengan predikat kurang sekali meningkat pada siklus I menjadi 73 dengan ketuntasan belajar klasikal 60% dengan predikat cukup. Peningkatan juga terjadi pada siklus II dengan nilai rata-rata 79 dengan ketuntasan belajar klasikal 87% dengan predikat sangat baik. Penerapan pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe Talking Stick dapat meningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model Kooperatif Tipe Talking Stick sebagai salah satu alternatif bahan pertimbangan dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran serta hasil belajar IPS khususnya materi SDA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6813

Actions (login required)

View Item View Item