Peningkatan keterampilan bercerita berbasis buku harian di kelas V SDN Pangkemiri 1 Kabupaten Sidoarjo / Maya Puspitasari Yosin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan bercerita berbasis buku harian di kelas V SDN Pangkemiri 1 Kabupaten Sidoarjo / Maya Puspitasari Yosin

Yosin, Maya Puspitasari (2018) Peningkatan keterampilan bercerita berbasis buku harian di kelas V SDN Pangkemiri 1 Kabupaten Sidoarjo / Maya Puspitasari Yosin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Yosin Maya Puspitasari.2014. Peningkatan Keterampilan Bercerita Berbasis BukuHarian di Kelas V SDN Pangkemiri 1 Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M Pd Kata kunci Berbasis Buku Harian keterampilan bercerita Hasil tes awal penelitian pembelajaran Tematik kelas V semester II dengan materi berbicara yang dilakukan di SDN Pangkemiri 1 Kabupaten Sidoarjo menunjukkan bahwa kemampuan bercerita siswa kelas V masih rendah. Siswa kurang berani mengungkapkan cerita di depan kelas sehingga peneliti tertarik menggunakan media yang dapat memnbantu siswa dalam meningkatkan keterampilan bercerita dengan berbasis buku harian. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan penerapan media buku harian pembelajaran bercerita pada siswa kelas V SDN Pangkemiri 1 Kabupaten Sidoarjo (2) mendeskripsikan tingkat keberhasilan keterampilan bercerita berbasis buku harian bercerita pada siswa kelas V SDN Pangkemiri 1 Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam ini yaitu siswa kelas V SDN Pangkemiri 1 Kabupaten Sidoarjo dengan prosedur (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) instrumen keterampilan menceritakan pengalaman (2) pedoman aktivitas guru (3) pedoman aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan berbasis Buku Harian di kelas V dapat meningkatkan keterampilan bercerita. Hal ini terbukti pada pratindakan dari jumlah siswa 33 hanya 6 yang tuntas. Pada siklus I semua siswa sudah berani maju namun belum maksimal hal ini terbukti dari rata-rata nilai siklus I pertemuan pertama hingga ketiga yaitu 56 63 72 90 dan 75 84. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas dari pertemuan pertama hingga ketiga yaitu 77 69 82 27 dan 85 00. Hasil dari paparan data keterampilan bercerita dapat disimpullkan bahwa media buku harian dapat membantu siswa mudah mengingat pengalamannya melalui tulisan dan media buku harian dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan bercerita. Disarankan dalam bagi peneliti dapat dijadikan pijakan untuk penelitian selnajutkan bagi siswa agar diterapkan kembali menulis buku harian agar terbiasa menulis dan bagi guru dapat mmemberikan motivasi serta memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6812

Actions (login required)

View Item View Item