Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan pada tema 2 (selalu berhemat energi) di kelas IV SD Se-gugus 04 Kec. Kedungkandang Kota Malang / Da'if Bacharudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan pada tema 2 (selalu berhemat energi) di kelas IV SD Se-gugus 04 Kec. Kedungkandang Kota Malang / Da'if Bacharudin

Bacharudin, Da'if (2018) Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan pada tema 2 (selalu berhemat energi) di kelas IV SD Se-gugus 04 Kec. Kedungkandang Kota Malang / Da'if Bacharudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Bacharudin Da if. 2018. Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penaksiran Ratusan dan Ribuan pada Tema 2 (Selalu Berhemat Energi) di Kelas IV SDN Se-Gugus 04 Kec. Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd. M.Pd Kata kunci identifikasi kesulitan menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan sekolah dasar. Materi penaksiran ratusan dan ribuan menjadi fokus dalam penelitian. Hal ini berdasarkan studi pendahuluan pada tanggal 9 Oktober 2017 di kelas IV SDN Sawojajar 2 ditemukan masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan yang ditandai dengan adanya kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih jauh mengenai kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus 04 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan populasi 216 siswa dengan sampel sebanyak 66 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan penelitian survei sebagai teknik pengumpulan data dan statistik deskriptif sebagai teknik analisis data. Data penelitian berupa kesulitan dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan jawaban siswa yang beraneka ragam dengan berbagai jenis kesulitan yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan. Berdasarkan temuan tersebut data dianalisis dan diidentifikasi berasal jawaban siswa sehingga diperoleh berbagai jenis kesulitan siswa. Penyebab dari kesulitan yang dialami siswa diperoleh melalui informasi dan hasil wawancara kepada siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data dan wawancara dapat disimpulkan bahwa (1) jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan yaitu (a) kesulitan aturan atau syarat sebesar 43 78% (b) kesulitan perhitungan sebesar 7 12% dan (c) kesulitan prosedur sebesar 6 2% (2) faktor penyebab siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal penaksiran ratusan dan ribuan yaitu (a) siswa tidak paham ketentuan atau syarat penaksiran ratusan dan ribuan (b) kesulitan menghitung dan kurang percaya diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6808

Actions (login required)

View Item View Item