Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas IV SD se-Gugus 04 Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan / Retno Dwi Anugrawati

Anugrawati, Retno Dwi (2018) Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas IV SD se-Gugus 04 Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan / Retno Dwi Anugrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Anugrawati, Retno Dwi. 2018. Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD Se-Gugus 04 Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Achmad Badawi, S.Pd, M.Pd., (II) Dr. I Made Suardana, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Kesalahan Ejaan, Karangan Narasi dan Kemampuan Menulis Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang termasuk sulit untuk dikuasai karena keterampilan menulis menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan. Kemampuan menulis yang baik tidak didapatkan secara langsung, tetapi melalui banyak latihan agar tulisan menjadi baik. Didalam menulis terdapat aspek yang harus diperhatikan, yaitu penulisan ejaan. Berdasarkan data awal diperoleh data 17 siswa kelas IV, 13 diantaranya mengalami kesalahan ejaan dalam penulisan karangan narasi, yaitu (1) huruf kapital, (2) tanda baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan ejaan yang terdapat pada hasil tes karangan narasi siswa kelas IV. Dengan menganalisis tulisan siswa, akan diketahui tingkat kesalahan penulisan ejaan yang terdapat pada karangan tersebut Penelitian ini dilakukan di SD Se-Gugus 04 Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 38 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes menulis karangan narasi. Data yang diperoleh berupa jumlah kesalahan ejaan yang terdapat dalam karangan narasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 25,3% siswa melakukan kesalahan pada huruf kapital awal kalimat, 41,5% huruf kapitan dalam unsur-unsur nama orang, 71,0% huruf kapital nama tanggal, bulan, hari dan hari raya, 51,6% huruf kapital nama geografi. Adapun kesalahan dalam penggunaan tanda baca titik sebanyak 13,5%, tanda koma 18,3%, tanda hubung 14,3%, tanda tanya 53,8%. Dari data sampel siswa kelas IV SD Se-Gugus 04 Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan bahwa 37 siswa dari 38 siswa (97,4) melakukan kesalahan penulisan huruf kapital. Kesalahan tersebut dalam kategori sangat tinggi. Adapun34 siswa dari 38 siswa (89,5%) melakukan kesalahan penggunaan tanda baca. Kesalahan tersebut dalam kategori sangat tinggi Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, terdapat hal yang perlu diperhatikan oleh pihak terkait, yaitu guru, peneliti, dan peneliti lain agar dapat menjadi fasilitator bagi siswa agar siswa dapat menulis karangan dengan memperhatikan ejaan yang baik. ii ABSTRACT Anugrawati, Retno Dwi. 2018. Analysis Of Spelling Error In Fourth Grader Essay On Fourth Cluster In Kembangbahu District Lamongan Regency. Undergraduate thesis, Pre-school and elementary school major, faculty of education, Malang State University. Advisors: (1) Drs. Achmad Badawi, S.Pd. M.Pd., (2) Dr. I Made Suardana, S.Pd., M.Pd. Keywords: linguistic errors, spelling errors, narrative essay and writing skills Writing skills is a language ability that considered hard to be mastered because writing skills require the mastery various linguistic elements. A good writing skill can not be obtained instantly, rather through many exercises so that the writing can improve. In writing, there are some aspects to paid attention to, that is spelling writing. Based on preliminary data obtained 17 students of 4 th grade, 13 of them encountered an error on writing narrative essay, the error was on (1) capital letter, and (2) punctuation. This research aim to know student's spelling error in fourth grade narrative essay error. By analyzing the error, it will be known the level of the errors on those essay. this research was held in fourth cluster elementary school in kembangbahu district lamongan regency, this research using quantitative approach with descriptive method. The sample of this research is 38 students. The data gathered through writing narrative essay. The data obtained is the sum of spelling error that exist in student's narrative essay. the result shows that 25.3% students make mistakes in capital letter in the start of sentence, 41.5% capital letter in person's name, 71.0% capital letter in date, month, days, and holiday. 51,6% in geography name. as for the mistakes in placing the dot is 13.5%, comma 18.3%, hyphen 14.3%, question mark 53.8%. from the fourth grade and fourth cluster kembangbahu district lamongan regency, there are 37 out of 38 students (97,4%) is making errors on writing capital letter. those errors is in high category. as for the 38 students (89,5%) make punctuation error. those errors is in high category. based on the research that was done, there are some things that need to be noticed by the related party, that is teachers, researchers, and others researcher so they can facilitate students so they can write good essay by paying attention to its spelling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6806

Actions (login required)

View Item View Item