Penerapan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran kelas V SDN Kertorejo 2 Kabupaten Jombang / Dina Faris Nurul Atiqoh

Atiqoh, Dina Faris Nurul (2018) Penerapan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran kelas V SDN Kertorejo 2 Kabupaten Jombang / Dina Faris Nurul Atiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Atiqoh, Dina Faris Nurul. 2018. ÔÇ£Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar pada Pembelajaran di Kelas V SDN Kertorejo 2 Kabupaten JombangÔÇØ. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suharjo, M.S, M.A, (II) Dra. Murtiningsih, M.Pd. Kata Kunci:Keterampilan Bertanya, Mengadakan Variasi, Mengelola Kelas. Berdasarkan hasil observasi kepada guru kelas V di SDN Kertorejo 2 Kabupaten Jombang tanggal 19-20 Januari 2018, diperoleh fakta, yaitu (1) Guru sudah melaksanakan keterampilan bertanya, namun saat pembelajaran siswa menjawab pertanyaan guru secara serempak (2) Guru sudah melaksanakan keterampilan mengadakan variasi, namun saat pembelajaran siswa kekurangan media, (3) Guru sudah melaksanakan keterampilan mengelola kelas, namun saat pembelajaran siswa masih gaduh dan bermain sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan keterampilan bertanya pada saat pembelajaran, keterampilan mengadakan pada saat pembelajaran, keterampilan mengelola kelas pada saat pembelajaran dan kendala yang dialami guru kelas V dalam melaksanakan keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi dan keterampilan mengelola kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018, subjek penelitian ini, yaitu guru kelas V di SDN Kertorejo 2 Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar komponen keterampilan bertanya telah dilaksanakan dengan baik, namun untuk komponen pemberian waktu berpikir, pemberian tuntunan, dan pengubahan tuntunan tingkat kognisi dalam menjawab pertanyaan belum muncul. (2) Sebagian besar komponen keterampilan mengadakan variasi telah dilaksankan dengan baik, namun untuk komponen memusatkan (memberikan tekanan pada butir-butir penyajiannya), variasi alat atau bahan yang dapat dan variasi alat atau bahan yang dapat diraba, dimanipulasi, dan digerakkan belum muncul. (3) Sebagian besar komponen keterampilan mengelola kelas telah dilaksanakan dengan baik, namun untuk komponen memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas, memberikan penguatan, memodifikasi tingkah laku dan pengelolaan kelompok belum muncul. (4) Kendala yang dialami guru dalam melaksanakan keterampilan bertanya yaitu kebiasaan guru mengulang jawaban siswa. (5) Kendala yang dialami guru dalam melaksanakan keterampilan mengadakan variasi, yaitu melihat hanya kepada siswa tertentu atau kelompok siswa saja dan melihat dan menghadap kepapan tulis saat menjelaskan kecuali sambil menunjukkan sesuatu. (6) kendala yang dialami guru dalam melaksanakan keterampilan mengelola kelas, yaitu guru terlalu bertele-tele.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6804

Actions (login required)

View Item View Item