Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis teori kognitif Bruner materi Kubus dan balok kelas V SDN Kembangarum Kabupaten Blitar / Imroatusani Nur Khasanah

Khasanah, Imroatusani Nur (2018) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis teori kognitif Bruner materi Kubus dan balok kelas V SDN Kembangarum Kabupaten Blitar / Imroatusani Nur Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Khasanah, Imroatusani Nur. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Teori Kognitif Bruner Materi Kubus dan Balok Kelas V SDN Kembangarum Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yuniawatika, S.Pd.,M.Pd., (II) Dr. Alif Mudiono, M.Pd Kata Kunci: Bahan ajar interaktif, 3DPageFlip, teori kognitif bruner Bahan ajar merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran. Jenis bahan ajar yang digunakan dapat mempengaruhi semangat belajar dari peserta didik apalagi pada materi pelajaran yang dirasa sulit. Berdasarkan observasi di SDN Kembangarum ditemukan bahwa bahan ajar yang digunakan pada mata pelajaran matematika berupa LKS dari tim MGMP. Bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan kurikulum yang diharapkan pemerintah serta proses pembelajaran masih jauh dari harapan pemerintah. Salah satu harapan yang diinginkan adalah proses pembelajaran yang berbasis teknologi dengan pendekatan-pendekatan yang terdapat pada panduan teknis pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini mengembangkan sebuah bahan ajar interaktif berbasis teori kognitif Bruner materi kubus dan balok menggunakan aplikasi 3D Pageflip Profesional guna menjembatani kesenjangan yang ada di lapangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Tjeerd Plomp dengan memodifikasi tiga tahapannya. Penelitian ini menguji kevalidan produk dari ahli materi pembelajaran dan ahli media dan menguji kepraktisan produk dari guru kelas 5 dan siswa. Penelitian dan pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap uji coba kelompok kecil yang dilaksanakan di SDN Kembangarum Kabupaten Blitar. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar interaktif berbentuk PageFlip sebagai produk utama dan LKS sebagai produk pendukung. Produk tersebut telah dinilai oleh validator dan praktisi. Ahli materi pembelajaran memberikan kriteria sangat valid dengan rata-rata 3,87, ahli media memberikan kriterian sangat valid dengan rata-rata 3,74, praktisi guru kelas 5 memberikan kriteria sangat praktis dengan rata-rata nilai 3,87 dan praktisi siswa memberikan penilaian sangat praktis dengan rata-rata 0,91. Berdasarkan penilaian yang diperoleh maka bahan ajar interaktif ini layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar. Selain itu, terdapat saran bagi pengguna untuk lebih memahami teori kognitif Bruner agar tahapan didalamnya dapat tersampaikan dengan jelas dan memiliki kemampuan dasar mengoperasikan komputer. Bagi peneliti selanjutnya untuk menguji produk dalam skala yang lebih besar dan memperbaiki kelancaran sistem aplikasi 3DPageFlip yang versi terbaru. vii SUMMARY Khasanah, Imroatusani Nur. 2018. Development of Interactive Teaching Materials Based on Bruner's Cognitive Theory of Cube and Cuboid Material to Grade V of SDN Kembangarum Blitar Regency. Undergraduate Thesis S1 - Elementary School Teacher Education, Department of Primary School Education and Preschool, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors: (I) Yuniawatika, S.Pd.,M.Pd., (II) Dr. Alif Mudiono, M.Pd Key Words: teaching materials, 3DPageFlip, BrunerÔÇÖs Theory Teaching materials are the most important part of the learning process. Type of teaching materials used can be affect the spirit of learning from students especially on the subject matter that is difficult. Based on the observation in SDN Kembangarum found that teaching materials used in mathematics subject is worksheet from MGMP team. The teaching materials used are not in accordance with governmentÔÇÖs curriculum want. One of the desired expectations is a technology-based learning process with the approaches found in the technical guidance of learning in primary schools. This research developed an interactive material based on BrunerÔÇÖs Cognitive Theory by cube and cuboid material using 3D PageFlip Professional application. Overall, this developed is to bridge the existing gaps in the field. This research development using research and development Tjeerd Plomp Model by modifying his three stages. This research tested the validity of product from the learning material expert and media expert. And then, tested the practicality of the product to 5th grade teacher and students. This research is only carried out until the small group trial stage in SDN Kembangarum Blitar. The results of this research are interactive materials shaped PageFlip as the main product and worksheet as a supporting product. The product has been assessed by validators and practitioners. The learning material expert provides a highly valid criterion with an average of 3.87, the media expert gives a highly valid criterion with an average of 3.74, the teacher practitioner provides very practical criteria with an average of 3.87, and the student practitioner provides an assessment very practical with an average of 0.91. Based on the assessment obtained, this interactive teaching material is suitable for use in the process of learning mathematics in primary school. In addition, there are suggestions for users to better understand Bruner's cognitive theory so that the stages in it can be clearly conveyed and have basic computer literacy skills. For further researchers to test the product on a larger scale and improve the smoothness system of the latest version 3DPageFlip application.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6803

Actions (login required)

View Item View Item