Profil kompetensi siswa dalam menentukan kalimat inti dan kalimat penjelas paragraf melalui model Jigsaw di kelas IV SDN Cemorokandang 4 Malang / Wahyu Nur Majid

Majid, Wahyu Nur (2018) Profil kompetensi siswa dalam menentukan kalimat inti dan kalimat penjelas paragraf melalui model Jigsaw di kelas IV SDN Cemorokandang 4 Malang / Wahyu Nur Majid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Majid, Wahyu Nur. 2018. Profil Kompetensi Siswa dalam Menentukan Kalimat Inti dan Kalimat Penjelas Paragraf Melalui Model Jigsaw di Kelas IV SDN Cemorokandang 4 Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Made Suardana, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. A. Badawi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Model Jigsaw, Kalimat Inti dan Kalimat Penjelas Keterampilan membaca merupakan suatu hal yang sangat penting guna menangkap informasi serta memudahkan siswa dalam memahami pelajaran khususnya dalam hal ini memahami suatu teks bacaan. Paragraf adalah kumpulan dari beberapa kalimat yang membentuk suatu gagasan. Sebuah paragraf terdiri dari kalimat inti dan kalimat penjelas. Model Jigsaw sangat cocok untuk diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi menentukan kalimat inti dan kalimat penjelas suatu paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kegiatan pembelajaran model Jigsaw di kelas IV SD Negeri Cemorokandang 4 Malang dan (2) mengetahui kemampuan siswa kelas IV SD Negeri Cemorokandang 4 Malang dalam menentukan kalimat inti dan kalimat penjelas suatu paragraf. Objek penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDN Cemorokandang 4 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 27, untuk jumlah siswi perempuan sebanyak 15 anak dan siswa laki-laki sebanyak 12 anak. Penelitian ini disesuaikan dengan materi pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV semester 2, yaitu dengan kompetensi dasar menentukan kalimat inti dan kalimat penjelas pada tiap paragraf, dan materi pokoknya yaitu kalimat inti dan kalimat penjelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Data yang telah diperoleh di analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan dengan mengambil data meliputi aktivitas siswa selama pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menentukan kalimat inti dan kalimat penjelas suatu paragraf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw memperoleh nilai rata-rata klasikal 86 yaitu terdapat 24 siswa dengan taraf keaktifan 81-100 dengan kualifikasi sangat aktif (A) dan 3 siswa dengan taraf keaktifan 61-80 dengan kualifikasi aktif (B). Sedangkan, kemampuan siswa dalam menentukan kalimat inti dan kalimat penjelas paragraf diperoleh nilai rata-rata klasikal 74 yaitu terdapat 11 siswa dengan taraf penguasaan 81-100 dengan kualifikasi sangat baik (A), 9 siswa dengan taraf penguasaan 61-80 dengan kualifikasi baik (B), sedangkan sisanya 7 siswa dengan taraf penguasaan 41-60 dengan kualifikasi cukup (C).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6800

Actions (login required)

View Item View Item