Peningkatan aktivitas dan hasil belajar muatan IPA melalui model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas IV di SDN Buring Kota Malang / Figo Yudistira - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar muatan IPA melalui model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas IV di SDN Buring Kota Malang / Figo Yudistira

Yudistira, Figo (2018) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar muatan IPA melalui model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas IV di SDN Buring Kota Malang / Figo Yudistira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yudistira Figo. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV Di SDN Buring Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY. S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peningkatan pembelajaran IPA model Discovery Learning. Model pembelajaran penting digunakan dalam suatu pembelajaran. Sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan peneliti memilih model pembelajaran discovery learning. Hasil pembelajaran model pembelajaran discovery learning membuat ingatan siswa tentang materi yang diajarkan bertahan lebih lama. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengaplikasikan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Discovery Learning pada kelas IV b di SDN Buring Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif sedangkan model penelitian yang digunakan ialah kolaboratif. Jenis penelitiannya merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV b di SDN Buring Kota Malang yang berjumlah 33 siswa. Teknik penelitian yang peneliti gunakan meliputi observasi tes evaluasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu penerapan model discovery learning yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Peningkatan tersebut dalam bentuk persentase pada siklus 1 sebesar 80% meningkat di siklus 2 menjadi 89%. Aktivitas siswa selama melaksanakan model discovery learning mengalami peningkatan setiap siklusnya. Peningkatan tersebut dalam bentuk persentase pada siklus 1 sebesar 68 75% meningkat di siklus 2 menjadi 83 52%. Hasil belajar siswa siswa kelas IV b di SDN Buring pada materi gaya magnet meningkat. Peningkatan nilai rata-rata nilai akhir hasil belajar pada siklus 1 sebesar 67 39 meningkat di siklus 2 menjadi 78 4. Persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal juga meningkat. Peningkatan tersebut dalam bentuk persentase pada siklus 1 sebesar 36 3% meningkat di siklus 2 menjadi 90 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Buring Kota Malang. Pelaksanaan penelitian ini memiliki kendala mengenai pengadaan media magnet yang kurang memadai dengan jumlah siswa. Hal ini dapat diatasi dengan pengaturan kelompok yang dibuat dengan model pengerjaan stasioner. ABSTRACT Yudhistira Figo. 2018. Improvement Of Activities And Learning Results Natural Sciences Through Discovery Learning Learning Models For Fourth Grader In State Elementary School Of Buring Malang City. Mini Thesis Teacher Education Elementary School Study Program School and School Pre-School Education Faculty of Education State University of Malang. Counselor (I) Dra. Sukamti M.Pd (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY. S.Pd. M.Pd. Keywords improvement science learning Discovery Learning model. An important learning model is used in a lesson. In accordance with the observations that have been done researchers chose the model of learning discovery learning. The learning result of the learning discovery learning model keeps the students memory of the taught material lasting longer. Based on the above the researcher applied the learning model of discovery learning. This study aims to describe the application activity and learning outcomes of students on science learning using Discovery Learning model in class IV b in SDN Buring Malang. The approach used in this study is a qualitative approach while the research model used is collaborative. The type of research is Classroom Action Research (PTK). The subjects of this study are students of grade IV b in SDN Buring Malang amounting to 33 students. Research techniques that researchers use include observation evaluation tests field notes and documentation. The result of this research is the application of discovery learning model which is done by the teacher has increased from each cycle. The increase in percentage in cycle 1 by 80% increases in cycle 2 to 89%. Student activity during the implementation of discovery learning model has increased every cycle. The increase in percentage form in cycle 1 of 68.75% increased in cycle 2 to 83.52%. Student learning outcomes of fourth graders b at SDN Buring on magnetic material matter is increased. The increase of the average value of the final result of learning in cycle 1 of 67.39 increased in cycle 2 to 78.4. Percentage mastery of learning outcomes by class also increase. The increase in the percentage in cycle 1 of 36.3% increased in cycle 2 to 90.85%. Based on the results of research can be concluded that the application of learning discovery learning model can improve student activity and learning outcomes SDN Buring Malang. Implementation of this research has constraints on the procurement of inadequate magnetic media with the number of students. This can be overcome by group arrangements made with stationary work models

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6799

Actions (login required)

View Item View Item