Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) kelas VB di SDN Bunulrejo 2 Malang / Dina Firdausy Yushila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) kelas VB di SDN Bunulrejo 2 Malang / Dina Firdausy Yushila

Yushila, Dina Firdausy (2018) Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) kelas VB di SDN Bunulrejo 2 Malang / Dina Firdausy Yushila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yushila Dina Firdausy. 2018. Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas Vb di SDN Bunulrejo 2 Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd Kata Kunci Pelaksanaan Literasi Kelas Vb Sekolah Dasar Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh PIRLS dan PISA tentang hasil uji literasi membaca menunjukkan bahwa memahami bacaan pada kompetensi siswa di Indonesia tergolong rendah. Oleh karena itu pemerintah mengembangkan kegiatan gerakan literasi sekolah (GLS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterlaksanaan tahapan kegiatan literasi kelas Vb dengan tahapan buku panduan GLS di SD (2) kemampuan membaca pemahaman kelas Vb (3) kendala pelaksanakan kegiatan literasi dan (4) upaya pihak sekolah dalam mengatasi kendala. Penelitian yang dilakukan di SDN Bunulrejo 2 Malang ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi test dan dokumentasi. Data dianalisis dengan proses reduksi data penyajian data dan verifikasi data agar menjaga keabsahan data ketekunan/keajegan pengamatan dan tringulasi. Disimpulkan bahwa (1) keterlaksanaan tahapan kegiatan lilterasi kelas Vb belum berjalan dengan optimal sesuai dengan buku panduan GLS di SD (2) kemampuan membaca pemahaman kelas Vb nilai rata-ratanya 66 6 dengan kategori baik (3) kendala kegiatan literasi meliputi ketidaksesuaian kegiatan literasi dengan buku pedoman dan keterbatasan ruang perpustakaan digunakan saat literasi (4) upaya dalam mengatasi kendala belum maksimal. Disarankan (1) sebaiknya pelaksanaan kegiatan literasi disesuaikan dengan Permendikbud No 23 Tahun 2015 dan Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD (2) kemampuan membaca pemahaman kelas Vb perlu lebih ditingkatkan lagi (3) untuk area baca di lingkungan sekolah sebaiknya sekolah membuat tempat membaca sekreatif mungkin (4) sekolah sebaiknya memperbaiki ruangan perpustakaan yang sesuai dengan Permendiknas No. 24 Tahun 2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6798

Actions (login required)

View Item View Item