Peningkatan keterampilan membuat surat undangan melalui strategi guided writing pada siswa kelas V SDN Kendal Kabupaten Tulungagung / Disca Maharini

Majarini, Disca (2018) Peningkatan keterampilan membuat surat undangan melalui strategi guided writing pada siswa kelas V SDN Kendal Kabupaten Tulungagung / Disca Maharini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Maharini, Disca. 2018. Peningkatan Keterampilan Membuat Surat Undangan Melalui Strategi Guided Writing pada Siswa Kelas V SDN Kendal Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sutansi, M.Pd, (II) Esti Untari, S.Pd, M.Pd Kata kunci:peningkatan, keterampilan membuat surat undangan, strategi guided writing Hasil observasi awal yang dilakukan dikelas V SDN Kendal Kabupaten Tulungagung, diperoleh permasalahan bahwa: (1) guru tidak melakukan apersepsi, (2) guru tidak membimbing siswa dalam proses pembelajaran, (3) guru kurang dalam mengelola kelas dengan baik sehingga banyak siswa ramai didalam kelas, (4) guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, (5) media yang digunakan hanya bersumber dari siswa, (6) guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan antusiasme siswa, (7) guru tidak melakukan refleksi, (8) guru tidak melakukan kesimpulan bersama siswa, (9) siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran, dan (10) siswa kurang antusias saat pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil nilai pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi surat undangan, dari 18 siswa hanya 6 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥70) dengan persentase 33% kategori kurang sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi guided writing dalam meningkatkan keterampilan membuat surat undangan dan mendeskripsikan peningkatan hasil keterampilan membuat surat undangan melalui strategi guided writing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guided writing diterapkan oleh guru dengan sangat baik. Persentase aktivitas guru siklus I mencapai 92% predikat sangat baik dan meningkat sampai siklus II mencapai 100% predikat sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus I mencapai 70% predikat cukup meningkat pada siklus II mencapai 94% predikat sangat baik. Terjadi peningkatan hasil keterampilan membuat surat undangan meliputi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Nilai rata-rata aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 74 predikat cukup dengan persentase sebasar 70% predikat cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 81 predikat baik dengan persentase sebasar 89% predikat baik. Nilai rata-rata aspek keterampilan pada siklus I sebesar 72 predikat cukup dengan persentase sebesar 50% predikat kurang dan meningkat pada siklus II sebesar 89 predikat baik dengan persentase sebesar 92% predikat sangat baik. Sehingga nilai rata-rata kelas dalam membuat surat undangan pada siklus I ii sebesar 74 predikat cukup dengan persentase sebesar 72% predikat cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 90 predikat sangat baik dengan persentase sebesar 89% predikat baik. Selain meningkatkan aspek pengetahuan dan aspek keterampilan juga meningkatkan aspek sikap meliputi sikap rasa ingin tahu, sikap teliti, dan sikap bekerjasama pada siklus I sampai siklus II terus meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi guided writing diterapkan oleh guru dengan sangat baik. Sehingga meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil keterampilan membuat surat undangan pada siswa kelas V SDN Kendal Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu, diharapkan guru menerapkan strategi guided writing dalam pembelajaran membuat surat undangan, agar aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil keterampilan membuat surat undangan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item