Peningkatan hasil belajar mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat melalui model crossword puzzle kelas IV SDN Kandangan 02 Kabupaten Blitar / Mira Iswanti

Iswanti, Mira (2018) Peningkatan hasil belajar mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat melalui model crossword puzzle kelas IV SDN Kandangan 02 Kabupaten Blitar / Mira Iswanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Iswanti, Mira. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Mengidentifikasi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, dan Agama di Provinsi Setempat Melalui Model Crossword Puzzle Kelas IV SDN Kandangan 02 Kabupaten Blitar. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suminah, S. Pd., M. Pd (II) Dra. Sutansi, M.Pd Kata kunci: peningkatan, hasil belajar muatan IPS, model crossword puzzle Hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN Kandangan 02 Kabupaten Blitar menunjukkan permasalahan antara lain: (1) guru hanya menjelaskan dari awal sampai akhir pembelajaran, (2) siswa kurang antusias dalam pembelajaran, (3) siswa belum aktif dalam pembelajaran, dan (4) guru belum menggunakan media. Hasil belajar menunjukkan dari 12 siswa di kelas IV hanya 4 siswa atau 33 % yang mendapat nilai ≥70 yang merupakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SDN Kandangan 02. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan model crossword puzzle dan peningkatan hasil belajar materi mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat melalui model crossword puzzle kelas IV SDN Kandangan 02 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dengan II pertemuan pada setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang digunakan adalah data proses dan hasil sedangkan sumber data yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Kandangan 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan adalah pada siklus I dan II persentase aktivitas guru sebesar 100%. Persentase aktivitas siswa juga meningkat, pada siklus I sebesar 80,5% dengan kriteria baik dan siklus II sebesar 87,2% dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pratindakan hanya mencapai 51,16 dengan ketuntasan klasikal 33,3% dengan kriteria sangar kurang meningkat pada siklus I menjadi 74 dengan ketuntasan klasikal 50%. Peningkatan juga terjadi pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,125 dengan ketuntasan 83,3% dengan kriteria sangat baik. Penerapan pembelajaran dengan model crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa. Untuk itu, disarankan guru dapat menerapkan pembelajaran menggunakan model crossword puzzle dalam pembelajaran muatan IPS khususnya materi mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, sosial, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6796

Actions (login required)

View Item View Item