Penerapan model pembelajaran numbered head together pada muatan matematika tema 6 subtema 3 di kelas III-B SDN Buring Kota Malang / Ruruh Wuryaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran numbered head together pada muatan matematika tema 6 subtema 3 di kelas III-B SDN Buring Kota Malang / Ruruh Wuryaningtyas

Wuryaningtyas, Ruruh (2018) Penerapan model pembelajaran numbered head together pada muatan matematika tema 6 subtema 3 di kelas III-B SDN Buring Kota Malang / Ruruh Wuryaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wuryaningtyas Ruruh. Penerapan Model Pembelajran Numbered Head Together Pada Muatan Matematika Pembelajaran Tema 6 Subtema 3 Di Kelas III-B SDN Buring Kota Malang. Skripsi Program Studi S1-PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd (2) Ni Luh Sakinah Nurani M.Pd. Kata Kunci Model Numbered Head Together pembelajaran Matematika aktivitas siswa hasil belajar siswa Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas III-B ditemukan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru antusias siswa terhadap pembelajaran masih kurang dan siswa cenderung ramai sendiri saat guru mengajar. Hal ini menyebabkan hasil belajar rendah. Mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran (aktivitas guru) aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus 2 kali pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan (observasi) dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara tes observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III-B SDN Buring Kota Malang. Peneliti bertindak sebagai guru kelas. Hasil penelitian diperoleh data berikut (1) aktivitas guru dalam menerapkan model Numbered Head Together meningkat dari 83 86% pada siklus I menjadi 88 25% pada siklus II (2) aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan siklus 1 sebesar 9 68% menjadi 88 71% pada siklus II (3) hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 67 74% menjadi 93 55% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi penghitungan waktu. Untuk itu disarankan guru supaya mengembangkan model Numbered Head Together pada pembelajaran yang lain dan menggunakan media pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan model Numbered Head Together.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6795

Actions (login required)

View Item View Item