Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Mulyorejo 3 Kota Malang / Mohamad Vais Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Mulyorejo 3 Kota Malang / Mohamad Vais Saputro

Saputro, Mohamad Vais (2018) Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Mulyorejo 3 Kota Malang / Mohamad Vais Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Saputra Mohamad Vais. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Model Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SDN Mulyorejo 3 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd (2) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Menulis Menulis Narasi Model Picture and Picture Keterampilan berbahasa menulis merupakan proses dalam menuangkan pikiran ide gagasan dan perasaan dengan menggunakan bahasa secara tertulis. Menulis bertujuan juga sebagai media penyampaian pesan kepada orang lain. Berdasarkan hasil observasi ditemukan beberpa permasalahan antara lain siswa masih bingung harus menulis apa siswa masih kesulitan dalam menyusun kalimat dan siswa masih kurang menguasai penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat. Hasil wawancara dengan guru kelas ditemukan beberapa permasalahan antara lain siswa bingugn apa yang harus ditulis siswa kurang mampu menulis kalimat dan menyusun kalimat dalam sebuah karangan dengan baik kurangnya penguasaan siswa terhadap penggunaan ejaan dan tanda baca model pembelajaran yang digunakan guru kurang beragam. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa di SDN Mulyorejo 3 Kota Malang (2) mendeskripsikan kemampuan menulis narasi setelah diterapkannya model pembelajaran picture and picture di SDN Mulyorejo 3 Kota Malang. Untuk mencapai penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pengumpulan data menggunakan observasi tes studi dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mulyorejo 3 Kota Malang yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan pratindakan hasil menulis narasi siswa mencapai 8 5%. Siklus 1 pencapaian siswa menulis narasi mencapai 43 3%. Sedangkan untuk siklus 2 pencapaian siswa 81 3%. Dengan hasil ini dapat menunjukan pengikatan hasil belajar siswa. Saran ditunjukan kepada siswa guru dan peneliti. (1) bagi siswa agar dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis (2) bagi guru dapat memperkaya variasi model pembelajaran (3) bagi peneliti dapat menjadikan pengalaman dalam melakukan penelitian tindakan kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6794

Actions (login required)

View Item View Item