Profil penerapan pendekatan saintifik pada kelas III SDN Tlogowaru I Kota Malang / Muhammad Iqbal Maulana

Maulana, Muhammad Iqbal (2018) Profil penerapan pendekatan saintifik pada kelas III SDN Tlogowaru I Kota Malang / Muhammad Iqbal Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana, Muhammad Iqbal. 2018. Profil Penerapan Pendekatan Saintifik pada Kelas III SDN Tlogowaru I Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dimyati, S.Pd. M.Pd (II) Dra. Hj. Sukamti, M.Pd. Kata Kunci: pendekatan saintifik, penerapan pendekatan saintifik Pendekatan saintifik adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang didasarkan pada paradigma dan proses ilmiah. Pada kenyataannya pendekatan saintifik dalam pembelajaran masih belum diterapkan secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari pembelajaran di SDN Tlogowaru I. Melihat kenyataan di lapangan, maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) penerapan pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran Tema 6 Subtema 3; dan (2) penerapan pendekatan saintifik dalam pelaksanaan pembelajaran Tema 6 Subtema 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru kelas III, dokumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembelajaran pada tema 6 subtema 3 di kelas III, dan foto-foto selama kegiatan pengamatan pembelajaran. Data penelitian dihimpun dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran belum dilakukan secara optimal. 5 aktivitas mental dalam pendekatan saintifik belum seluruhnya dimunculkan dalam jabaran kegiatan inti RPP. Penerapan pendekatan saintifik dalam pelaksanaan pembelajaran juga belum dilakukan secara optimal. 5 aktivitas mental dalam pendekatan saintifik belum seluruhnya diterapkan dalam pembelajaran. Penerapan aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengkomunikasikan masih perlu dioptimalkan. Guru diharapkan dapat memunculkan 5 aktivitas mental dalam pendekatan saintifik pada jabaran kegiatan inti RPP dan menerapkannya dalam pembajaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Guru juga diharapkan dapat meningkatkan aspek-aspek dalam setiap aktivitas mental, khususnya dalam hal menumbuhkan kebiasaan mencatat (menulis), melatih siswa memberikan argumentasi, dan melatih siswa memberikan alasan/sanggahan/persetujuan dengan alasan yang rasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6791

Actions (login required)

View Item View Item