Peningkatan hasil belajar muatan matematika materi menemukan sifat bangun datar melalui model examples non exapmples pada siswa kelas III SDN Gedog 2 Kota Blitar / Nurma Dwi Lestari

Lestari, Nurma Dwi (2018) Peningkatan hasil belajar muatan matematika materi menemukan sifat bangun datar melalui model examples non exapmples pada siswa kelas III SDN Gedog 2 Kota Blitar / Nurma Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Lestari Nurma Dwi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Muatan Matematika Materi Menemukan Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Model Examples Non Examples Pada Siswa Kelas III SDN Gedog 2 Kota Blitar. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. (2) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci hasil belajar model pembelajaran examples non examples menemukan sifat-sifat bangun datar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas III SDN Gedog 2 Kota Blitar diketahui bahwa (1) guru belum menerapkan pembelajaran secara berkelompok (2) guru pada umumnya masih menerapkan motode ceramah dalam pembelajaran (3) guru perlu meluangkan waktu untuk membimbing siswa yang memliki kekurangan dalam memahami materi (4) guru belum menggunakan media pembelajaran yang mudah dipahami dan praktis bagi siswa (5) secara umum siswa sudah dapat menyebutkan jenis bangun datar tetapi siswa belum memahami konsep dari sifat-sifat bangun datar dan (6) Hasil belajar diperoleh 7 siswa (35%) yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model examples non examples pada proses pembelajaran materi menemukan sifat-sifat bangun datar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi menemukan sifat-sifat bangun datar melalui model examples non examples. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gedog 2 Kota Blitar sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan data dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model examples non examples menemukan sifat-sifat bangun datar dapat meningkat aktivitas maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 100% konsisten pada siklus II sebesar 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 85% masuk kriteria baik meningkat menjadi 93% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa aspek sikap juga mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sikap percaya diri disiplin dan tanggung jawab ditunjukkan siswa dengan baik meningkat pada siklus II sikap percaya diri disiplin dan tanggung jawab sudah ditunjukkan siswa lebih dari 10 siswa yang memenuhi indikator 3 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar aspek keterampilan juga mengalami peningkatan pada siklus I dari rata-rata 75 dengan iv ii persentase ketuntasan 65% dengan kriteria kurang dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 91 2 dengan persentase 100%. Hasil belajar aspek pengetahuan pada tahap awal dengan rata-rata 39 65 dengan persentase ketuntasan 35% masuk kriteria perlu bimbingan pada siklus I meningkat dengan rata-rata 63 7 dengan persentase ketuntasan 60% dengan kriteria perlu pimbingan dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 79 7 dengan persentase ketuntasan 90% kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model examples non examples dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar materi menemukan sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas III SDN Gedog 2 Kota Blitar. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model examples non examples dalam pembelajaran agar aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dapat mengalami peningkatan sehingga hasil belajar siswa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6790

Actions (login required)

View Item View Item