Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam materi pokok sistem tata surya pada siswa kelas VI di SDN Bendosewu 2 Talun Blitar / Dimas Sambung - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam materi pokok sistem tata surya pada siswa kelas VI di SDN Bendosewu 2 Talun Blitar / Dimas Sambung

Sambung, Dimas (2017) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam materi pokok sistem tata surya pada siswa kelas VI di SDN Bendosewu 2 Talun Blitar / Dimas Sambung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sambung Dimas. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok Sistem Tata Surya. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SD Sistem Tata Surya. Multimedia interaktif adalah suatu media dengan penggabungan dari berbagai unsur media seperti teks grafik gambar animasi video dan suara secara berkala siswa diberikan interaksi penuh untuk mengendalikan sendiri apa yang siswa pelajari karena multimedia ini bersifat interaktif. Terdapat materi yang dijelaskan melalui teks gambar audio serta animasi agar materi sistem tata surya agar lebih efektif. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran interaktif yang valid sebagai sumber belajar yang efektif dan menarik untuk mata pelajaran IPA pokok bahasan sistem tata surya kelas VI. Pengembangan Multimedia ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran Lee W.W. Owens D.L. adapun langkah-langkah pengembangannya yaitu analisis kebutuhan analisis awal-akhir desain pengembangan dan implementasi serta evaluasi. Subjek yang dituju dalam validasi pengembangan adalah siswa kelas VI SDN Bendosewu 2 Talun Blitar. Mobile Learning ini divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi serta pada ujicoba perorangan sebanyak 2 orang uji coba kelompok kecil sebanyak 4 orang dan uji lapangan sebanyak 10 orang. Setelah dilakukan metode analisis hasil validasi multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media didapatkan skor prosentase sebesar 91 25% ahli materi sebesar 85% dari ujicoba perseorangan didapat skor prosentase sebesar 96 25% dari ujicoba kelompok kecil didapat skor prosentase 88% dan uji lapangan didapat skor presentase 89%. Hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Mobile Learning ini dinyatakan efektif hal ini terbukti dari skor tes hasil belajar jumlah siswa yang memenuhi KKM ( 8805 75) didapat prosentase sebesar 87 5% setelah penggunaan multimedia interaktif dan multimedia interaktif dikatakan efektif jika minimal 80% dari jumlah siswa mencapai hasil belajar tuntas. Disarankan untuk pengembang selanjutnya bisa mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif ini lebih baik lagi tepat guna tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item