Peningkatan hasil belajar Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku melalui model pembelajaran mind mapping siswa kelas IV SDN Karangtengah 2 Kota Blitar / Parindra Mismoyo

Mismoyo, Parindra (2018) Peningkatan hasil belajar Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku melalui model pembelajaran mind mapping siswa kelas IV SDN Karangtengah 2 Kota Blitar / Parindra Mismoyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Mismoyo, Parindra. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama Di Negeriku Melalui Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN Karangtengah 2 Kota Blitar. Skripsi, Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Tri Murti, S.Pd., M.Pd., (2) Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran mind mapping, aktivitas siswa Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Karangtengah 2 Kota Blitar adalah sebagai berikut: (1) guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan saat pembelajaran, (2) kegiatan siswa selama pembelajaran kurang dimonitoring oleh guru, (3) siswa yang pasif perlu diberi bimbingan dan motivasi, (4) guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, dan (5) hasil belajar pada pratindakan menunjukkan bahwa ada 11 siswa tuntas (ketuntasan klasikal 34%) dari total 32 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping pada proses pembelajaran subtema ÔÇ£keragaman suku bangsa dan agama di negerikuÔÇØ, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema ÔÇ£keragaman suku bangsa dan agama di negerikuÔÇØ melalui model Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari 4 tahap setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data, menyajikan data, dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pada aktivitas maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase aktivitas guru sebesar 92,5% kriteria sangat baik dan siklus II sebesar 100% kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81% kriteria baik dan siklus II sebesar 91,5% kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa aspek sikap pada siklus I tuntas pada sikap disiplin dan tanggungjawab, meningkat pada siklus II sikap percaya diri, disiplin tanggungjawab dan peduli dengan perolehan 2 aspek sikap yang sudah melebihi 26 siswa. Pada aspek pengetahuan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 62,5% dan pada siklus II sebesar 90,6%. Hasil belajar aspek keterampilan juga mengalami peningkatan pada siklus I terdapat 24 siswa yang tuntas dan meningkat menjadi 32 siswa pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Diharapkan guru dapat menerapkan model Mind Mapping dalam pembelajaran, sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6789

Actions (login required)

View Item View Item