Implementasi gerakan literasi di kelas V-B SDN Punten 01 Kota Batu / Arya Dwi Hidayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi gerakan literasi di kelas V-B SDN Punten 01 Kota Batu / Arya Dwi Hidayanto

Hidayanto, Arya Dwi (2018) Implementasi gerakan literasi di kelas V-B SDN Punten 01 Kota Batu / Arya Dwi Hidayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hidayanto Arya Dwi. 2018. Implementasi Gerakan Literasi di Kelas V-B SDN Punten 01 Kota Batu. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si (II) Drs. Imam Nawawi M.Si Kata Kunci implementasi gerakan literasi tahap pembiasaan tahap pengembangan tahap pembelajaran Menanggapi rendahnya keterampilan dan minat baca siswa pemerintah melalui Kemendikbud membuat Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Tujuan Gerakan Literasi Sekolah bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa serta memperkuat gerakan penumbuhan budi perkerti. Salah satu kegiatan gerakan literasi sekolah yaitu mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran selama lima belas menit sebelum waktu belajar dimulai. Peneliti melakukan penelitian tentang Implementasi Gerakan Literasi di Kelas V-B SDN Punten 01 Kota Batu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada tahap pembiasaan tahap pengembangan dan tahap pembelajaran . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunalam teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data pada penelitian ini yaitu semua hal yang terkait dengan pelaksanaan gerakan literasi sekolah di kelas VB SDN Punten 01. Sedangkan sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah guru kelas VB siswa kelas VB petugas perpustakaan dan dokumen yang terkait dengan kegiatan gerakan literasi. Agar data yang didapatkan pada penelitian ini teruji keabsahannya peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik sebagai alat untuk menguji kredibilitas data. Berdasarkan hasil analisis data pada pelaksanaan literasi di kelas VB sudah melaksanakan kegiatan literasi. Pada tahap pembiasaan menggunakan startegi membaca dalam hati tahap pengembangan menggunakan strategi membaca mandiri tahap pembelajaran menggunakan startegi mandiri intensif. Tetapi masih terdapat beberapa indikator yang belum dilaksanakan seperti menggunakan berbagai variasi startegi membaca pelibatan orang tua pembentukan Tim Literasi Sekolah dan penilaian kemampuan literasi siswa. Saran dari peneliti yaitu pada pelaksanaan literasi tahap pembiasaan menggunakan variasi kegiatan membaca seperti membaca nyaring. Melibatkan orang tua siswa dalam pelaksanaan kegiatan literasi agar menambah motivasi siswa. Membentuk Tim Literasi Sekolah yang berfungsi untuk memastikan keberlangsungan kegiatan literasi. Guru perlu membuat penilaian/evaluasi yang bertujuan untuk meningkatkan jenjang kemampuan literasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6788

Actions (login required)

View Item View Item